Alexa
Jum'at, 20 Oktober 2017

Rini Tegaskan Pembahasan Perpajakan Freeport Masih Berlangsung

Negosiasi antara pemerintah dengan PT. Freeport Indonesia terkait divestasi saham 51 persen masih berjalan.

Suara.Com
Adhitya Himawan | Dian Kusumo Hapsari
Kawasan Grasberg Mine milik PT. Freeport Indonesia (PTFI ) di Tembagapura, Mimika, Timika, Papua, Minggu (15/2). (Antara)
Kawasan Grasberg Mine milik PT. Freeport Indonesia (PTFI ) di Tembagapura, Mimika, Timika, Papua, Minggu (15/2). (Antara)

Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini M Soemarno mengatakan negosiasi antara pemerintah dengan PT. Freeport Indonesia terkait divestasi saham 51 persen masih berjalan.

“Masih berjalan. Sekarang perundingannya masuk dalam pembahasan perpajakan. Sekarang ini leading sector-nya adalah Kementerian Keuangan, yaitu mengenai perpajakan,” kata Rini saat ditemui di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Rabu (11/10/2017).

Rini menjelaskan, perpajakan yang dibahas saat ini bukan hanya soal kewajiban yang mesti diselesaikan Freeport untuk pemerintah pusat, tetapi negosiasi juga membahas mengenai pungutan-pungutan yang ada di daerah.

“Jadi memang harus dibicarakan lebih dalam lagi. Jadi metodenya sedang dibahas soal perpajakan ini,” ujarnya.

Rini menegaskan, negosiasi terus dilakukan bersama Freeport sehingga nantinya menemukan kesepakatan antara kedua belah pihak.

"Kita sedang mengevaluasi bagaimana kita mengkalkulasi nilai dari Freeport itu sendiri. Udah yah pokoknya masih dalam tahap negosiasi,” katanya.

Terpopuler

Terkini