Alexa
Kamis, 19 Oktober 2017

Lawan Samsung, Apple Gandeng LG Bikin Ponsel Lipat

iPhone yang jika lipatannya dibuka akan menjadi iPad.

Suara.Com
Liberty Jemadu
Ilustrasi ponsel hibrida yang bisa dilipat dan dibuka menjadi komputer tablet. [Shutterstock]
Ilustrasi ponsel hibrida yang bisa dilipat dan dibuka menjadi komputer tablet. [Shutterstock]

Suara.com - Apple dikabarkan sedang diam-diam mengembangkan telepon seluler pintar hibrida, yang bisa berubah menjadi komputer tablet jika lipatannya dibuka.

Seperti yang diwartakan situs berita Korea Selatan, The Investor, Apple menggandeng LG untuk memproduksi gadget baru tersebut.

LG Display disebut telah membentuk sebuah satuan kerja yang bertugas untuk mengembangkan layar OLED yang bisa dilipat untuk iPhone. Sementara LG Innotek akan merancang sebuah papan sirkuit fleksibel yang lazim disebut RFPCB.

LG sendiri sudah merampungkan purwarupa panel OLED yang bisa dilipat sekitar tiga tahun lalu. Kini LG sedang terus menguji desainnya itu, terutama dari sisi daya tahannya.

Adapun Apple sudah mendaftarkan paten teknologi ponsel lipat di AS pada November 2016 lalu. Desain dalam dokumen paten itu menunjukkan sebuah perangkat yang layarnya sangat fleksibel, sehingga bisa dilipat layaknya kertas.

Belum diketahui kapan produk anyar ini akan mulai diproduksi dan dipasarkan. Tetapi menurut CNet, iPhone hibrida ini tak akan muncul sebelum 2020 karena teknologi layar lipat LG baru rampung pada tahun yang sama.

Adapun Samsung, yang merupakan pemasok ekslusif layar OLED untuk iPhone X, sudah berencana meluncurkan gawai serupa pada 2018 mendatang.

Saingan terberat Apple di dunia dan rival LG di Korsel itu, pada September kemarin mengaku sedang mengatasi sejumlah persoalan teknis sebelum mulai memproduksi ponsel unik tersebut.

Terpopuler

Terkini