Minggu, 20 Januari 2019

Jerman, Negara Terbaik di Dunia

Kalahkan AS yang selama lima tahun belakangan menyandang gelar tersebut.

Suara.Com
Ardi Mandiri

Suara.com - Jerman berhasil mengalahkan Amerika Serikat (AS) sebagai negara terbaik di dunia, berdasarkan survei yang dibuat Anhot-GFK. Sebelumnya, selama lima tahun belakangan, AS tak pernah lengser dari tahta negara terbaik di jagad raya ini.

Survei tersebut dilakukan kepada lebih dari 20.000 orang di 20 negara. Di mana penilaiannya didasarkan pada berbagai aspek, di antaranya perekonomian, pemerintahan, kebudayaan, sumber daya manusia, dan pariwisata.

Adapun Inggris berada pada posisi ketiga, yang diikuti Prancis dan Kanada, di tempat keempat dan kelima.

Simon Anholt, pelopor survei ini mengatakan bahwa wawancara dilakukan tak lama setelah Jerman meraih kemenangan di Piala Dunia Brasil.

"Kemenangan itu turut memberikan kontribusi bagi Jerman, utamanya dalam hal keunggulan di bidang olahraga," katanya seperti dilansir dari laman Independent, Jumat (14/11/2014).

"Selain bidang olahraga, Jerman juga memiliki kondisi ekonomi dan politik paling stabil di Eropa. Pemerintahan, iklim investasi kesetaraan sosial mereka amat baik," ujarnya.

Rusia merosot tajam
Berdasarkan survei yang sama, Rusia dan Mesir masuk ke dalam dua negara yang mengalami kemerosotan. Itu disebabkan oleh faktor keamanan di dua negara tersebut.

Xiaoyan Zhao, Senior Vice President dan Direktur NBI SM di GfK, mengatakan bahwa Rusia mengalami tren penurunan paling tajam dalam opini publik tahun ini. Setelah naik sebelumnya, Rusia tergelincir ke posisi 25, disusul oleh Argentina, Cina, dan Singapura.

"Politik di Rusia belakang membuat negara itu mengalami kemorosotan, untuk untuk keberhasilan bisnis, perdagangan dan pariwisata," ujarnya.

Video Lainnya

Terkini