PLN Berencana Tambah Pembangkit Mikro Hidro di Wai Racang

Saat ini PLN juga tengah melakukan survei untuk PLTMH di daerah Wai Racang dengan rencana kapasitas daya pasok 12 megawatt (MW).

Suara.Com
Adhitya Himawan
PLN Berencana Tambah Pembangkit Mikro Hidro di Wai Racang
Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) Segara di Desa Bentek, Gondang, Lombok Utara, NTB, Senin (8/12). [Antara]

Suara.com - PT Perushaan Listrik Negara (PLN) terus mendukung pemanfaatan energi baru terbarukan, seperti yang terlihat dikawasan pegunungan Ruteng, Manggarai.

Terletak di Desa Cumbi, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Wae Garit sudah mulai beroperasi sejak 1980-an.

Pembangkit listrik yang menggunakan tenaga air ini hingga kini masih beroperasi dengan daya mampu mencapai 120 kilowatt (kW). Dengan kemampuan yang selalu stabil meski ada pergantian musim.

“PLTMH Wae Garit ini sangat penting keberadaannya, karena sangat membantu sistem kelistrikan Ruteng, dengan daya mampu pasok yang stabil, praktis PLTMH Wae Garit bisa diandalkan,” ujar Manajer Rayon Ruteng, Ruben Mira dalam pernyataan resmi, Rabu (10/1/2016).

Selain itu, saat ini PLN juga tengah melakukan survei untuk PLTMH di daerah Wai Racang dengan rencana kapasitas daya pasok 12 megawatt (MW).

“Potensi penggunaan mikro hidro di wilayah Manggarai ini cukup besar mengingat banyaknya air terjun, kami saat ini sedang melakukan survei secara intensif untuk membuka PLTMH baru, hal ini demi menambah kehandalan pasokan listrik wilayah Manggarai,” tambah Ruben.

Pada awal pengoperasiannya PLTMH Wae Garit sangat membantu sistem kelistrikan Ruteng, hal ini disebabkan minimnya pembangkit pada 1980-an, dengan beban puncak pada saat itu sekitar 600 kW.

Meski telah berumur lebih dari 30 tahun, pemanfaatan PLTMH Wae Garit terus dilakukan, PLN bahkan sedang berusaha untuk mencari potensi air terjun lain di daerah sekitar PLTMH demi memanfaatkan secara maksimal energi baru terbarukan.

Tidak hanya PLTMH, PLN juga memanfaatkan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Ulumbu untuk membantu pasokan daya sistem kelistrikan Ruteng, Manggarai.

Pemanfaatan tenaga baru terbarukan ini merupakan wujud komitmen PLN dalam penggunaan energi yang ramah lingkungan sebagai energi alternatif.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini