Perhatikan Hal Ini Saat Membersihkan Talenan

Umumnya talenan kayu paling banyak dijual dan digunakan

Suara.Com
Angelina Donna
Perhatikan Hal Ini Saat Membersihkan Talenan
Ilustrasi (shutterstock)

Suara.com - Talenan merupakan salah satu benda di dapur yang wajib ada karena sering digunakan saat kegiatan memasak. Benda ini berfungsi untuk alas memotong bahan makanan.
Dengan talenan, memotong daging, buah, atau sayur jadi lebih mudah. Talenan ada yang terbuat dari kayu, plastik, kaca, hingga bambu. Ukuran dan bentuknya juga beragam.

Namun dari semua jenis talenan, umumnya talenan kayu paling banyak dijual dan digunakan. Bagi Anda yang menggunakan talenan kayu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar talenan Anda terawat dan tetap higienis saat digunakan, yaitu:

1.Bilas Talenan di Bawah Air Mengalir
Setelah dipakai, segera bersihkan talenan kayu menggunakan sabun cuci piring untuk menghilangkan bakteri yang menempel. Kemudian, bilas di bawah keran yang airnya mengalir agar sisa sabun tidak menempel pada permukaan talenan.

2.Jangan Gunakan Obat Kimia
Sebaiknya, jangan gunakan obat-obatan kimia untuk mendisinfektan talenan kayu. Solusinya, rendam saja talenan di dalam baskom berisi air cuka atau air garam selama beberapa menit. Hal ini merupakan cara alami mendisinfektan talenan kayu.

3. Keringkan di Bawah Sinar Matahari
Jangan simpan talenan dalam rak cuci piring dalam keadaan basah karena memicu pertumbuhan bakteri. Guna mencegah tumbuhnya jamur, jemur talenan kayu yang baru saja dicuci di tempat yang terkena sinar matahari. Hal ini agar talenan tidak lembap dan cepat kering

Published by

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini