Catur Sentosa Adiprana Jaminkan Asetnya ke Danamon Rp49 Miliar

Adapun PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) berencana melepas sebagian besar saham di China Minzhong Food Corporation.

Suara.Com
Adhitya Himawan
Catur Sentosa Adiprana Jaminkan Asetnya ke Danamon Rp49 Miliar
Manajemen PT Catur Sentosa Adiprana Tbk. [csahome.com]

PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP), pengelola gerai Mitra 10 menjaminkan aset perseroan kepada Bank Danamon terkait pinjaman yang diterima oleh anak perseroan senilai Rp49 miliar.

Penjelasan tersebut tertuang dalam keterangan resmi Managing Partner PT Investa Saran Mandiri, Kiswoyo Adi Joe, Kamis (8/9/2016).

Berdasarkan keterbukaan informasi yang dipublikasikan perseroan menyatakan bahwa pada 6 September 2016, perseroan melakukan penjaminan asset perseroan atas pinjaman yang diterima oleh anak usaha perseroan, PT Catur Sentosa Anugerah sebesar Rp49 miliar pada Bank Danamon. Catur Sentosa Anugerah atau CSAN bergerak dalam bidang perdagangan besar, makanan, minuman ringan dan kebutuhan sehari-hari.

"Pinjaman yang diterima CSAN dari Bank Danamon digunakan sebagai modal kerja untuk menunjang kegiatan usaha utama CSAN dalam pembelian barang dagangan dan kegiatan usaha operasional," kata Kiswoyo.

Adapun rencana PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) untuk melepas sebagian besar saham di China Minzhong Food Corporation (CMFC) terus berjalan. Bahkan pihak CMFC sudah meminta otoritas bursa Singapura (SGX) untuk menghentikan sementara perdagangan saham mereka akhir Agustus 2016 lalu. Permintaan suspensi ini menyusul posisi CMFC yang telah mengantongi informasi bahwa ada perkembangan terkait rencana transaksi yang diteken sebelumnya.

Manajemen INDF enggan memberikan tanggapan. Tapi, mengacu laporan keuangan semester I 2016, emiten Grup Salim ini bakal melanjutkan proses divestasi hingga porsi kepemilikan jadi minoritas di CMFC. Laporan keuangan INDF menyebutkan, pada 14 Oktober 2015 Indofood Sukses dan China Minzhong Holdings Limited (CMZ BVI) selaku pemegang saham 0,82% CMFC meneken nota kesepahaman mengikat (MoU) yang menetapkan persyaratan bagi kedua pihak untuk melakukan finalisasi jual beli saham.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini