Ini 7 Faktor yang Jadi Penyebab Mengapa Bisnis Kecil Bisa Gagal

Ada banyak sekali faktor yang bisa membuat bisnis seseorang bisa bangkrut.

Suara.Com
Angelina Donna
Ini 7 Faktor yang Jadi Penyebab Mengapa Bisnis Kecil Bisa Gagal
Ilustrasi (shutterstock)

Suara.com - Persaingan dalam bisnis adalah hal yang sangat biasa, terutama di antara pelaku UKM atau Bisnis Kecil Menengah. Persaingan yang cukup keras di antara pelaku UKM membuat tak sedikit pebisnis mengalami kebangkrutan dan tentu dengan terpaksa harus gulung tikar.

Pada dasarnya, kegagalan dalam membangun bisnis adalah hal yang sangat biasa dan harus dihadapi dengan lapang dada, terutama bagi pebisnis startup atau yang baru memulai bisnis dengan modal minim.

Ada banyak sekali faktor yang bisa membuat bisnis seseorang bisa bangkrut. Misalnya, cash flow yang stabil, sistem manajemen yang tidak rapi, atau terburu-buru dengan keuntungan. Selain itu, ada beberapa faktor lain mengapa bisnis kecil bisa gagal. Apa saja itu?

1. Sifat dan Sikap Pebisnis

Salah satu hal yang bisa memengaruhi jalannya bisnis seseorang adalah sifat dan sikap dari pebisnis itu sendiri. Pebisnis yang mengalami kegagalan umumnya dikarenakan kasus yang sama, yaitu tentang bagaimana mereka menghadapi kondisi dan situasi dalam menjalankan bisnisnya.

Pebisnis yang terlalu perfeksionis atau menginingkan kesempurnaan sangat susah untuk membuka pikiran atau menerima pemikiran orang lain untuk berpendapat sehingga hal ini menyebabkan mereka sangat mudah gagal.

Selain itu, mereka yang takut dengan risiko tidak akan mengalami kesuksesan di masa mendatang karena bagaimana pun segala bisnis pasti ada risikonya.

2.Sistem Manajemen

Selain faktor kepribadian dari pelaku bisnis, hal yang paling penting dan mendominasi dalam bisnis adalah sistem manajemen. Jika sistem manajemen, visi, dan misi tidak matang, hal ini dapat menyebabkan kegagalan atau ketidakstabilan dalam cash flow sehingga hal ini dapat menyebabkan kerugian yang sangat besar.

3.Operasional yang Tidak Stabil

Salah satu hal yang dapat menyebabkan kegagalan bisnis adalah tidak seimbangnya antara pengeluaran, produksi, dan profit yang didapatkan. Selain itu, karyawan atau pekerja dengan keahlian seadanya juga bisa menyebabkan kegagalan dalam bisnis. Karena itu, Anda sebaiknya menyeleksi pekerja yang hendak bekerja di tempat Anda.

4. Akutansi yang Tidak Baik

Beberapa kasus yang terjadi dan menyebabkan kegagalan bisnis dikarenakan pebisnis yang tidak mengontrol perkembangan bisnisnya, tidak memantau, hingga tidak tahu tentang bagaimana keuangan dalam bisnisnya. Umumnya para pebisnis akan menggunakan jasa akuntan untuk mengawasi jalannya uang dalam bisnis tersebut.

5. Uang Kas yang Minim

Masalah lain yang bisa menyebabkan bisnis kecil mengalami kebangkrutan karena minimnya uang kas. Besarnya biaya produksi dan gaji karyawan sering menjadi masalah dan menyebabkan uang kas menjadi minim.

Jika kas minim, bisa jadi kebangkrutan menanti Anda. Oleh sebab itu, pandai-pandailah dalam menjalankan atau memutar uang dalam bisnis Anda.

 

6. Tidak Mengontrol Perkembangan Bisnis

Tidak terkontrolnya perkembangan bisnis bisa menjadi bumerang bagi diri Anda sendiri. Anda bisa mengalami kebangkrutan jika tidak memiliki waktu untuk mengontrol seperti apa perkembangan bisnis yang Anda bangun.

Pastikan jika bisnis yang Anda kelola sesuai dengan pasar yang dituju. Dan yang paling penting adalah Anda juga harus aktif dalam mengontrol dan mengelola bisnis dengan tepat.

7. Pengeluaran Lebih Besar

Lebih besar pengeluaran dari pada pemasukan membuat cash flow bisnis Anda menjadi tidak stabil. Hal ini juga menyebabkan Anda bisa lebih dekat dengan kebangkrutan. Karena itu, Anda sebaiknya mengecek atau mengontrol setiap pengeluaran yang ada dalam bisnis agar nantinya tidak menyesal di kemudian hari. Pastikan jika cash flow akan lebih stabil dan mudah dikontrol.

Apakah Bisnis Kecil Bisa Sukses?

Ya, tentu bisa. Sekecil apa pun bisnis yang dijalankan jika menggelutinya secara benar dan senang, akan menjadi bisnis yang besar dan menguntungkan bagi Anda. Tidak ada yang tidak mungkin dalam hidup dan dalam dunia bisnis.

Bisa jadi bisnis kecil Anda bisa menjadi bisnis yang bisa mengangkat derajat di masa mendatang. Jangan mudah putus asa atau kecewa. Bepikirlah terbuka dalam hal apa pun, pastikan jika Anda juga mengontrol jalannya bisnis secara berkala.

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Rumah DP 0% Mulai Dibangun. Kalau Dibandingkan, Inilah Beda Rusun dengan Rumah Tapak?

Jangan Anggap Remeh, Jenis Pekerjaan Ini Butuh Keahlian Khusus!

Gaji Pas-Pasan Tapi Ingin Cepat Naik Haji? Pilih Investasi Ini

Published by

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini