Pikirkan 4 Hal Ini untuk Memilih Pekerjaan Sesuai Kepribadian

Memilih pekerjaan yang sesuai kepribadian ini penting, sebab jika tidak bisa buruk akibatnya.

Suara.Com
Arsito Hidayatullah
Pikirkan 4 Hal Ini untuk Memilih Pekerjaan Sesuai Kepribadian
Ilustrasi proses seleksi pekerjaan, interview. (Shutterstock)

Suara.com - Bekerja sesuai dengan kepribadian biasanya membuat seseorang merasa nyaman dan bisa meraih sukses di bidangnya. Untuk itu, sebelum melamar pekerjaan, ada baiknya memahami kebutuhan Anda akan sebuah pekerjaan, salah satunya adalah kepribadian Anda dengan jenis pekerjaan tersebut --selain gaji, kenyamanan, ketenangan dan lainnya.

Nah, memilih pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian ini penting. Sebab, memilih pekerjaan yang bertolak belakang dengan kepribadian Anda, hanya akan membuat pekerjaan tersebut terasa seperti beban setiap harinya. Ini kemudian akan membuat kinerja Anda tidak maksimal, dan tidak menutup kemungkinan menerima banyak keluhan dari pelanggan maupun atasan atas hasil kerja Anda.

Mengingat pentingnya kesesuaian pekerjaan yang dipilih dengan kepribadian, maka Anda harus benar-benar meyakinkan diri bahwa Anda memang menginginkan pekerjaan tersebut. Ini penting, agar Anda tidak berhenti di tengah jalan begitu saja.

Jika Anda selalu berhenti seperti itu, maka karier Anda juga akan sulit berkembang. Untuk itu, pilihlah jenis pekerjaan yang memang sesuai dengan keinginan dan kepribadian Anda. Berikut cara memilih pekerjaan sesuai dengan kepribadian, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Apakah Anda Senang Bersosialisasi?

Manusia adalah makhluk sosial. Semuanya saling punya ketergantungan satu dengan lainnya, sehingga mau tidak mau saling berkaitan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Akan tetapi, beberapa orang juga ternyata lebih memilih hidup jauh dari lingkungan sosial. Tak ubahnya dalam urusan pekerjaan.

Ada saja orang yang lebih membutuhkan "kesendirian" untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Biasanya mereka yang senang bersosialisasi memiliki rasa empati yang tinggi. Mereka akan dengan sangat mudah merasakan apa yang orang lain rasakan, karena sejatinya mereka menganggap bahwa orang yang sedang terkena musibah tersebut memiliki hubungan yang dekat dengan mereka.

Apabila Anda masuk dalam tipe sosial, pekerjaan yang disarankan untuk Anda adalah pekerja sosial, perawat, Humas, mediator, dan masih banyak lagi. Pastikan bahwa pekerjaan yang Anda geluti itu berkaitan atau banyak berinteraksi dengan orang lain.

2. Anda Senang Menganalisa?

Orang yang senang menganalisa masuk dalam kategori kepribadian yang analitis. Mereka yang memiliki kepribadian ini biasaya sangat kritis dalam menganalisis sesuatu. Kesimpulan tidak akan mudah didapatkan, karena mereka cenderung mempertimbangkan banyak sekali aspek yang mungkin mengakibatkan sesuatu bisa terjadi.

Selain itu, mereka juga tidak membatasi diri akan pengetahuan baru, meskipun pada dasarnya sudah memiliki banyak pengetahuan. Mereka akan terus menggali informasi, khususnya yang berkaitan dengan permasalahan yang sedang mereka coba selesaikan.

Nah, jika Anda adalah salah satu di antara mereka yang berkepribadian analitis, pekerjaan yang cocok untuk Anda adalah dokter, pengajar, software engineer, dan sejenisnya.

3. Apakah Anda Senang Bersaing?

Beberapa orang menganggap persaingan tidak perlu dilakukan, karena seharusnya kita dapat bersatu dan membentuk kerja sama (kolaborasi). Akan tetapi, bagi beberapa orang, persaingan justru sangat penting dilakukan untuk menunjukkan keunggulan masing-masing pihak.

Dengan begitu, mereka yang senang bersaing harus memiliki kemampuan dan pengetahuan lebih mengenai sesuatu hal yang berhubungan dengan pekerjaan mereka. Pada umumnya, orang dengan tipe kepribadian kompetitif ini bekerja sebagai pemimpin atau leader, sehingga pekerjaan yang cocok untuk mereka adalah manajer, direktur, dan lain sebagainya.

4. Anda Punya Jiwa Seni?

Semua orang tentu memiliki sisi seni di dalam dirinya. Akan tetapi, kadar seni dalam diri seseorang berbeda-beda. Hal ini karena adanya faktor membiasakan diri atau pengembangan diri akan seni itu sehingga semakin melekat pada jiwa orang tersebut.

Seni sendiri dapat diaplikasikan melalui gambar maupun suara. Orang yang memiliki jiwa seni biasanya tingkat kreativitasnya tinggi. Hal inilah yang memicu seseorang tersebut tidak mudah merasa puas. Mereka akan terus melakukan perbaikan akan pekerjaan yang mereka lakukan.

Dengan begitu, pekerjaan yang cocok bagi Anda yang berjiwa seni adalah pekerjaan yang menuntut kreativitas, ide atau inovasi, dan penyelesaian masalah. Contoh dari pekerjaan tersebut adalah designer, sutradara, produser, penulis, dan lainnya.

Pilih Pekerjaan yang Sesuai dengan Kepribadian Anda

Bukan hanya harus memperhatikan kemampuan dan pengetahuan, dalam memilih pekerjaan juga harus mempertimbangkan kepribadian. Jangan sampai karier dan kemampuan Anda tidak berkembang hanya karena melakukan pekerjaan yang tidak sesuai keinginan dan kepribadian Anda.

Oleh karena itu, pahamilah diri Anda, dan tentukan apa yang baik bagi Anda. Bukan hanya tentang gaji, melainkan seberapa besar Anda bisa menikmati aktivitas pekerjaan tersebut.

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Jangan Anggap Remeh, Jenis Pekerjaan Ini Butuh Keahlian Khusus!

Mau Ambil Jurusan IT? 8 Pekerjaan Bergaji Tinggi Ini Menanti

Tips Membangun Karier Cemerlang Berdasarkan Tipe Kepribadian

Published by

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini