Selasa, 18 Desember 2018

Diterjang Banjir Bandang, Jalan Nasional Penghubung di Aceh Terputus

"Lintas Tangse-Meulaboh sepanjang 30 meter amblas karena diterjang banjir bandang,"

Suara.Com
Iwan Supriyatna
Ilustrasi banjir bandang.
Ilustrasi banjir bandang.

Suara.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh menyatakan, lintas nasional yang menghubungkan Tangse, Kabupaten Pidie dengan Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat putus total karena diterjang banjir bandang .

"Malam tadi badan jalan nasional di lintas Tangse-Meulaboh sepanjang 30 meter amblas karena diterjang banjir bandang," kata Plt Kepala BPPD Kabupaten Pidie Apriadi.

Plt Kepala BPBD Kabupaten Pidie menjelaskan, badan jalan nasional di Kawasan Gampong (desa) Blang Bungong, Kecamatan Tangse putus total akibat luapan Sungai Bale dan hingga kini belum kunjung diperbaiki.

"Balai Pelaksana Jalan Nasional Aceh pada tanggal 5 Desember sudah membuka jalan darurat untuk sementara waktu di pinggir sungai tersebut dan malam tadi sudah kembali amblas," ujar Apriadi.

Dampak dari putusnya jalan nasional tersebut puluhan mobil roda empat angkutan barang dan penumpang serta sepeda motor roda dua dari Beureuneun, Tangse, Kabupaten Pidie tidak bisa melewati jalur itu.

"Kami berharap Balai Jalan Nasional Wilayah Aceh segera memperbaiki lintas itu agar aktivitas transportasi kembali normal," harap Plt Kepala BPBD Kabupaten Pidie.

Balai Jalan Nasional Wilayah Aceh diketahui, pada tanggal 16 November 2018 juga telah memperbaiki atau membuka jalur darurat untuk sementara waktu di lintas nasional yang amblas akibat luapan Sungai Bale tersebut.

Untuk diketahui lintas nasional Tangse-Meulaboh pada Desember 2018 sudah dua kali amblas karena guyuran hujan dan luapan Sungai Bale, Gampong Blang Bungong, Kecamatan Tangse, Pidie. (Antara)

    Berita Terkait

    Terpopuler

    Terkini