Darmin Minta Masyarakat Beralih dari Investasi Tanah ke Pasar Modal

Mendapatkan imbal hasil yang cepat dibanding tanah yang harus menunggu bertahun-tahun.

Suara.Com
Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Darmin Minta Masyarakat Beralih dari Investasi Tanah ke Pasar Modal
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. (Suara.com/Achmad Fauzi)

Suara.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meminta masyarakat untuk berinvestasi di Pasar Modal. Menurutnya, saat ini masyarakat masih banyak yang berinvestasi selain di pasar modal, salah satunya yakni investasi tanah.

Mantan Gubernur Bank Indonesia ini menjelaskan, tidak ada salahnya orang berinvestasi tanah.

Akan tetapi, lebih baik masyarakat berinvestasi di bursa saham, karena bisa mendapatkan imbal hasil yang cepat dibanding tanah yang harus menunggu bertahun-tahun.

"Nah kalau saving nya untuk beli tanah, ya bagus-bagus aja tapi yakinlah perputarannya itu akan sangat lambat. Orang suka nahan 30 tahun memang harga naik 100 kali lipat ya tapi 30 tahun. Kita butuh saving yang berputar di lembaga-lembaga keuangan termasuk pasar modal," ujarnya saat ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia Kawasan SCBD, Jakarta, Rabu (2/1/2019).

Menurut Darmin, pemerintah bersama pemangku kepentingan lainnya harus menjaga integritas pasar modal. Salah satunya, meminimalisir risiko yang ditimbulkan jika masyarakat berinvestasi di bursa saham.

"Yang ingin saya tekankan bahwa kita perlu upaya yang sistematik dan terus menerus untuk meyakinkan permintaannya ini. Tentu ini bukan hal yang mudah, orang beli tanah bukan tanpa alasan. Enggak pernah rugi beli tanah ya kan tapi kalau beli surat berharga bisa rugi juga," jelas dia.

Darmin pun berharap dengan banyak investor yang masuk ke bursa saham, maka bisa berdampak positif ke perekonomian Indonesia kedepannya.

"Dengan demikian berharap pasar modal masuk ke tahap yang kemudian melahirkan dinamika bagi perekonomian kita ke depan," pungkasnya.

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini