Minggu, 20 Januari 2019

Aksi Ambil Untung dan Pelemahan Rupiah Bakal Seret IHSG ke Zona Merah

IHSG nampaknya masih akan bergerak di zona merah.

Suara.Com
Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Aksi Ambil Untung dan Pelemahan Rupiah Bakal Seret IHSG ke Zona Merah
Ilustrasi pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta.

Suara.com - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG ) pada Rabu (9/1/2019) nampaknya masih akan bergerak di zona merah . Setelah penutupan perdagangan Selasa kemarin, IHSG ditutup melemah 0,39 persen di level 6.262.

Analis dari Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI) Reza Priyambada mengatakan, pelemahan tersebut disebabkan oleh adanya aksi ambil untung dan pergerakan nilai tukar rupiah yang mulai melemah.

"Diharapkan IHSG selanjutnya dapat bertahan di atas support 6.228-6.240 dan resistance diharapkan dapat menyentuh kisaran 6.278-6.288," kata Reza di Jakarta, Rabu (9/1/2019).

Senada dengan Reza, Analis Binaartha Sekuritas, Muhammad Nafan Aji juga memprediksi IHSG bergerak melemah.

Secara teknikal, MACD masih membentuk pola golden cross di area positif. Sementara itu, Stochastic dan RSI sudah berada di area netral.

Meski demikian, terlihat pola downward bar yang mengindikasikan adanya potensi koreksi wajar lanjutan pada pergerakan IHSG.

"Berdasarkan daily pivot dari Bloomberg, support pertama maupun kedua memiliki range pada 6.237 hingga 6.211. Sementara itu, resistance pertama maupun kedua memiliki range pada 6.302 hingga 6.341," pungkas Nafan.

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini