Luhut Benarkan 3.100 Tenaga Ahli Asal Cina Bekerja di Morowali Sulteng

"Pokoknya 31.000 orang buruh. Orang Cinanya kira-kira 3.100 orang tenaga ahli,"

Suara.Com
Iwan Supriyatna | Walda Marison
Luhut Benarkan 3.100 Tenaga Ahli Asal Cina Bekerja di Morowali Sulteng
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. (Suara.com/Dwi Bowo Raharjo)

Suara.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menuturkan, pembangunan pabrik baterai lithium di dalam negeri bakal menyerap 31.000 orang tenaga kerja.

Menurut Luhut, dari 31.000 orang tenaga kerja, sebagian besar diserap dari dalam negeri dan sebagian kecil diserap dari Cina.

"Pokoknya 31.000 orang buruh. Orang Cinanya kira-kira 3.100 orang tenaga ahli," ujar Luhut, Senin (14/1/2018).

Data tersebut didapati Luhut saat melakukan kunjungan ke lokasi pembangunan pabrik baterai lithium di kawasan industri PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) di Morowali, Sulteng beberapa waktu lalu.

Dari hasil kunjungannya, Luhut memastikan tidak ada buruh kasar dari Cina yang bekerja di sana. Hal tersebut karena menurutnya banyak isu yang beredar jika pekerja kasar asal Cina bekerja dalam proyek pembangunan tersebut.

"Kemarin saya ajak juga teman Mendai dan Hariman Siregar, saya ajak dia jadi saksi hidup buat lihat keadaan disana. Coba cari orang Cinanya, siapa tau orang Cinanya tinggal di hutan-hutan," terangnya.

Ia berharap pembuktian tersebut bisa mematahkan isu banyaknya pekerja asal Cina yang sempat menyita perhatian masyarakat. Masyarakat, lanjut dia, tidak boleh dipengaruhi oleh berita bohong atau hoaks.

"Jadi saya pikir jangan lah kita buat berita-berita kebohongan dan kita bodohi rakyat kita," pungkasnya.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini