Cerita Epy Kusnandar Belajar Buka Usaha Ayam Keramas dari Kang Mus

Kang Mus merupakan sosok yang gigih menjalankan bisnis.

Suara.Com
Iwan Supriyatna | Ismail
Cerita Epy Kusnandar Belajar Buka Usaha Ayam Keramas dari Kang Mus
Aktor Epy Kusnandar berpose saat berkunjung di kantor Redaksi Suara.com, Jakarta, Selasa (8/1). [Suara.com/Muhaimin A Untung]

Suara.com - Epy Kusnandar diam-diam mengambil contoh kehidupan dari seorang Kang Mus perannya di film Preman Pensiun untuk bisa membuka bisnis di kehidupan nyata.

Epy Kusnandar mengaku, Kang Mus merupakan sosok yang gigih menjalankan bisnis, meski banyak halangan dan rintangan tetap semangat menjalani bisnisnya.

"Dalam ceritanya kan Kang Mus memang tidak punya latar belakang bisnis. Ia adalah mantan preman yang sudah menyatakan pensiun. Ia tidak bisa mengandalkan hidup dari menjadi preman. Akhirnya belajar untuk berbisnis produksi kicimpring," ungkap Epy Kusnandar saat ditemui di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, beberapa waktu yang lalu.

Lelaki 54 tahun itu mengaku tidak bisa mengandalkan dunia entertain sebagai penghasilan utamanya.

"Preman Pensiun mengajarkan saya untuk berpikir bisnis sebagai usaha mendapatkan penghasilan," imbuh Epy Kusnandar.

Saat ini, aktor yang turut aktif di dunia teater itu mengaku memiliki bisnis kuliner sebuah kedai penjualan berlabel Ayam Keramas.

"Sebenarnya ayam keremes, cuma kan diplesetin jadi ayam keramas. Bisnis kecil-kecilan dulu sih, ya kantin, warung yang sampai sekarang masih buka, masih jalan," tutur Epy Kusnandar sambil tersenyum.

Epy Kusnandar sadar betul, banyak tantangan dalam menjalani bisnisnya. Apa lagi saat ini dia masih tergolong baru menjalani bisnis kuliner tersebut.

"Pingin dibesarin, tapi perlahan dulu. Membesarkan usaha kan perlu banyak faktor, ada modal, tenaga kerja, bahan baku dan waktu yang cukup juga," ujar Epy Kusnandar.

Ia juga bersyukur, mendapatkan peran sebagai Kang Mus di Preman Pensiun yang karakternya begitu kuat. Hal tersebut pun berimbas pada usaha dan kesehariannya.

"Banyak yang kenalnya ayamnya Kang Mus bukan Epy Kusnandar. Tapi, nggak apa-apa jadi lebih terkenal," ujar Epy Kusnandar.

‎Selain berbisnis, Epy Kusnandar saat ini sedang disibukan dengan promo film terbarunya, Preman Pensiun. Film yang merupakan lanjutan dari versi serial televisi itu dijadwalkan hadir di bioskop Tanah Air mulai 17 Januari 2019.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini