Minggu, 17 Februari 2019

Sandiaga Uno Targetkan Indonesia Jadi Pusat Ekonomi Halal Dunia

"Kita tegaskan di bawah Prabowo-Sandiaga, tahun pertama kita masuk lima besar. Di tahun berikutnya kita akan kalahkan Malaysia,"

Suara.Com
Bangun Santoso | Ria Rizki Nirmala Sari
Sandiaga Uno Targetkan Indonesia Jadi Pusat Ekonomi Halal Dunia
Sandiaga Uno saat di acara dialog 'Inisiatif Indonesia Menang, Pusat Ekonomi Halal Dunia' di Sangga Buana, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Jumat (1/2/2019). (Suara.com/Ria Rizki)

Suara.com - Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno menargetkan Indonesia menduduki peringkat pertama sebagai pusat ekonomi halal di dunia. Saat ini peringkat pertama masih diduduki oleh negara tetangga, Malaysia .

Sandiaga menjelaskan, bahwa dalam Global Islamic Economy Index, Indonesia masih menduduki peringkat 10. Apabila dirinya bersama Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto terpilih nanti, Sandiaga menargetkan di awal tahun pemerintahannya Indonesia bisa menembus lima besar.

"Kita tegaskan di bawah Prabowo-Sandiaga, tahun pertama kita masuk lima besar. Di tahun berikutnya kita akan kalahkan Malaysia. Harus bisa. Sanggup? Mau? Are you ready?," kata Sandiaga saat berpidato di acara diskusi dialog 'Inisiatif Indonesia Menang, Pusat Ekonomi Halal Dunia' di Sangga Buana, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Jumat (1/2/2019).

Yang menjadi dorongan untuk mencapai target tersebut ialah dengan memperkuat Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Menurutnya pemerintah harus tegas dalam memihak kepada industri-industri halal. Dirinya membandingkan dengan Malaysia di mana proses pembuatan sertifikasi halal di sana tidak perlu memakan waktu yang sangat lama.

"Harus ada pemerintahan yang kuat dan tegas untuk menyatakan industri halal, ini prioritas kita. Oleh karena itu kemudahan harus diberikan pada UMKM dan kewirausahaan," pungkasnya.

Sebelum berdialog dengan masyarakat, Sandiaga sempat mencoba madu Babeh Idin, pemilik Sangga Buana yang mulai membuka usaha dengan membudidayakan lebah untuk mendapatkan lebah dengan kualitas yang bagus. Selain madu, dirinya juga sempat mencicipi kopi khas Lampung.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini