5 Fakta Menarik Tentang Angpao Ini Harus Kamu Tahu

Warga keturunan China tak sabar lagi menyambut perayaan Imlek dan bagi-bagi angpao.

Suara.Com
Iwan Supriyatna | Chyntia Sami Bhayangkara
Seorang anak memberikan angpao kepada barongsai di Vihara Karuna Dipa Palu, Sulawesi Tengah.
Seorang anak memberikan angpao kepada barongsai di Vihara Karuna Dipa Palu, Sulawesi Tengah.

Suara.com - Bagi para warga keturunan China tentu sudah tak sabar lagi menyambut perayaan Imlek yang akan jatuh pada Selasa (5/2/2019) besok. Berbagai persiapan pun telah dilakukan sejak jauh-jauh hari, termasuk menyiapkan angpao.

Angpao menjadi salah satu benda yang wajib ada dalam perayaan Imlek. Angpao yang biasanya dibalut dalam nuansa merah ini tak pernah ketinggalan mengisi perayaan Imlek dari tahun ke tahun.

Lalu, sebenarnya apa sih makna angpao berwarna merah? Apa saja yang harus diperhatikan dalam memberikan angpao? Yuk, simak beberapa fakta menarik seputar angpao seperti dilansir dari Moneysmart.id.

1. Berwarna Merah

Angpao untuk perayaan Imlek selalu identik dengan warna merah. Ternyata bukan sembarangan, warna merah ini memiliki makna tersendiri, yakni kebaikan, semangat dan kesejahteraan.

Angpao pun tak hanya diberikan saat perayaan Imlek saja, melainkan di pesta ulang tahun, pernikahan hingga untuk duka cita.

Namun, jangan sampai salah, sebab angpao duka cita harus berwarna khusus, yakni berwarna putih. Jangan sampai tertukar ya!

2. Jumlah Uang Harus Genap

Dalam memberikan angpao untuk kerabat dan saudara, ada hal lain yang harus diperhatikan yakni uang yang akan diisi dalam angpao.

Hindarilah memberikan uang dengan jumlah ganjil seperti Rp 30 ribu karena angka ganjil melambangkan duka.

Sebaliknya, bila kalian ingin memberikan angpao untuk perayaan Imlek, pastikan jumlah uang dalam angpao genap ya.

3. Nominal Uang Tidak Diawali Angka 4

Tak hanya jumlah uang saja yang harus diperhatikan, nominal uang yang diberikan pun tak luput dari perhatian. Jangan sampai salah isi nominal uang dengan memberikan uang diawali angka 4 seperti Rp 40 ribu.

Dalam sejarah China, angka 4 seringkali dikaitkan pada ketidakberuntungan. Selain angka 4, ada angka keramat terlarang lainnya yaitu nol dan satu. Nol diartikan sebagai akhir dari segalanya dan satu lambang dari kesendirian.

4. Sudah Menikah Wajib Kasih Angpao

Bagi kamu yang belum menikah, berbahagialah kamu karena belum memiliki kewajiban untuk memberikan angpao saat perayaan Imlek.

Dalam tradisi China, orang yang sudah menikah wajib memberikan angpao sebab dianggap telah mapan secara ekonomi.

Meski demikian, tidak ada larangan bagi orang yang belum menikah untuk memberikan angpao kepada kerabat yang lebih muda. Tetap diperbolehkan berbagi angpao kok.

5. Anak-anak Hingga Jomblo Boleh Terima Angpao

Lalu, siapa saja yang boleh menerima angpao? Semua orang boleh menerimanya kok, terutama anak-anak dan orang yang dituakan.

Itulah sebabnya, mengapa orang yang sudah menikah wajib memberikan angpao karena dianggap telah berada di fase peralihan dari anak-anak ke orang tua.

Bagi kalian yang masih jomblo dan belum menikah pun ternyata tetap diperbolehkan menerima angpao. Sebab, angpao yang diterima dari orang yang sudah menikah akan membawa keberkahan berupa kemudahan dalam jodoh.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini