Supaya Eksis Terus, Ini 5 Tips Ngatur Duit untuk Milenial

Bagi sebagian besar para milenial, mengikuti tren gaya hidup serba mewah merupakan sebuah tuntutan.

Suara.Com
Iwan Supriyatna | Chyntia Sami Bhayangkara
Supaya Eksis Terus, Ini 5 Tips Ngatur Duit untuk Milenial
Ilustrasi milenial. (Shutterstock)

Suara.com - Bagi sebagian besar para milenial , mengikuti tren gaya hidup serba mewah merupakan sebuah tuntutan. Demi bisa terus eksis, tak jarang para milenial rela merogoh kocek dalam-dalam hingga lupa menabung .

Padahal, menabung di usia muda menjadi penentu masa tua loh. Pengelolaan uang secara bijak sangat diperlukan agar masa tuamu tak berakhir menyedihkan.

Namun, jangan khawatir. Ada beberapa tips nih untuk kamu agar bisa pandai mengelola keuangan dan tetap bisa eksis dengan teman-teman tentunya seperti dilansir dari Moneysmart.id.

1. Menabung

Teruslah menabung sebanyak yang kamu bisa dengan rutin. Pastikan untuk mengalokasikan tabungan dengan ideal.

Namun, ada hal penting nih yang harus kamu catat, uang tabunganmu tidak boleh memberatkan biaya kebutuhan bulananmu.

Jadi, misalnya gajimu Rp 5 juta lalu dipotong kebutuhan selama sebulan dan juga cicilan sebesar Rp 3 juta.

Maka kamu bisa menabungkan uangmu sebesar Rp 1 juta dan sisanya bisa dialokasikan untuk memenuhi gaya hidup. Jadi, tetap bisa eksis dan menabung juga kan?

2. Harus Punya Dana Darurat

Ini salah satu hal cukup penting untuk diperhatikan, jangan sampai lupa menyisihkan uangmu untuk biaya darurat setiap bulannya.

Nantinya, dengan menggunakan alokasi dana darurat ini, berbagai kebutuhan darurat tak mengganggu tabunganmu.

Idealnya, dana darurat harus sebesar tiga hingga enam kali dari pengeluaranmu tiap bulan. Kumpulkan uang sedikit demi sedikit hingga terkumpul sesuai ideal besaran dana darurat. Ingat, jangan dipakai untuk liburan ya guys!

3. Jangan Lupa Pakai Asuransi

Penting bagi para milenial untuk memiliki asuransi kesehatan lain di luar asuransi dari tempat kamu bekerja. Pasalnya asuransi itu hanya bisa digunakan selama kamu bekerja di perusahaan itu.

Siapkan asuransi untuk kamu dan keluarga yang mesti mencakup setidaknya 15 kali pendapatan tahunanmu.

Hal ini penting untuk menjaga tabunganmu tetap terjaga di saat ada anggota keluarga mengalami sakit.

4. Bedakan Keinginan dan Kebutuhan

Banyak para milenial yang rela merogoh kocek dalam hanya untuk diakui keberadaannya di tempat pergaulan.

Bahkan ada pula yang menghabiskan puluhan juta menggunakan kartu kredit demi memenuhi tuntutan eksistensi. Duh, kalau ini dihindari ya guys.

Kamu harus bisa membedakan mana keinginan dan kebutuhan, jangan sampai keinginan semu justru mengacaukan manajemen keuanganmu hingga akhirnya menghanguskan tabungan. Keluarkan uang secara bijak, sesuai dengan apa yang kamu butuhkan.

5. Investasi untuk Masa Pensiun

Kesalahan menunda investasi masa pensiun sejak muda berakibat fatal pada masa tuamu. Hal ini menyebabkan tabungan pensiunmu tidak mencukupi untuk memenuhi segala kebutuhan di hari tuamu.

Cobalah untuk mulai melakukan investasi dari sekarang. Nggak perlu dengan modal besar, mulailah dengan modal kecil namun rutin setiap bulan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini