Kemenlu Bakal Gelar Indonesia Africa Infrastructure Forum 2019

"Tahun ini lanjutan tahun 2018, akan mengadakan forum dialog itu. Ini forum lanjutan, kata Retno L Marsudi.

Suara.Com
Reza Gunadha | Muslimin Trisyuliono
Kemenlu Bakal Gelar Indonesia  Africa Infrastructure Forum 2019
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Suara.com/Dwi Bowo Raharjo)

Suara.com - Kementerian Luar Negeri RI akan menggelar Indonesia – Africa Infrastructure Forum, untuk memerkuat kerja sama ekonomi antara kedua negara.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Luar Negeri Retno L Marsudi saat menghadiri rapat kerja Kementerian Perdagangan 2019 dengan tema Meningkatkan Perdagangan Bernilai Tambah dan Berdaya Saing.

"Tahun ini lanjutan tahun 2018,  akan mengadakan forum dialog itu. Ini forum lanjutan,” kata Retno L Marsudi di Hotel Sngri La, Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Tahun 2018 lalu, Kemenlu dan dan Kementerian Perdagangan RI mengadakan forum serupa untuk menjajaki pembuatan pasar bersama untuk pasar nontradisional semisal BUMN dan bank.

Menurutnya untuk membuka jalan kerja sama tersebut, ada tiga strategi yang dilakukan. Pertama, memperkuat ekspor ke pasar nontradisional.

Kedua, memperkuat negosiasi antara kedua negara dalam bidang infrastruktur. Negosiasi itu terutama mengenai tarif pajak ekspor.

”Ketiga, tugas Kemenlu dan Kemendag RI untuk membawa produk Indonesia ke Afrika. Harapannya, kerja sama ini bisa meningkatkan jumlah ekspor kita,” tandasnya.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini