Intip Modal Tipis Vlogger Tapi Raup Miliaran Rupiah Seperti Atta Halilintar

Dulu profesi vlogger dipandang sebelah mata lantaran tidak mampu menghasilkan banyak uang, kini justru kamu bisa mendapatkan miliaran rupiah dari ngevlog.

Suara.Com
Pebriansyah Ariefana | Chyntia Sami Bhayangkara
Intip Modal Tipis Vlogger Tapi Raup Miliaran Rupiah Seperti Atta Halilintar
Atta Halilintar menunjukkan jumlah subscriber YouTube-nya yang mencapai lebih dari 10 juta. (Instagram)

Suara.com - Di era digitalisasi ini, banyak peluang-peluang yang bisa kamu manfaatkan untuk meraup pundi-pundi rezeki dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada. Menjadi vlogger bisa jadi pilihan yang pas buat kamu.

Jika dulu profesi vlogger dipandang sebelah mata lantaran tidak mampu menghasilkan banyak uang, kini justru  kamu bisa mendapatkan miliaran rupiah dari berbagai konten yang kamu unggah di media sosial. Salah satunya vlogger Atta Halilintar yang telah meraih 12,4 subscriber ini diprediksi telah mampu mengantngi Rp 9 miliar tiap bulannya merujuk pada Socialblade.

Lantas berapa sih modal awal yang harus disiapkan agar bisa merebut miliaran seperti Atta Halilintar? Apa saja yang harus disiapkan? Berikut Suara.com mengulasnya untuk kalian seperti dikutip dari Moneysmart.id.

1.   Kamera

Kamera menjadi alat yang paling wajib dimiliki oleh vlogger. Untuk menghasilkan gambar visual terbaik pun diperlukan kamera dengan spesifikasi yang baik.

Bila kamu ingin membuat video tutorial yang tak banyak bergerak, kamu bisa menggunakan kamera DSLR atau mirrorless. Namun, jika video yang dibuat banyak menampilkan aktivitas bergerak seperti kegiatan sehari-hari, kamu bisa menggunakan GoPro atau Actioncam.

Untuk langkah awal, kamu nggak perlu mengeluarkan kocek dalam-dalam demi mendapatkan kamera terbaik seharga puluhan juta. Kekinian, sudah banyak kamera dengan kualitas bagus namun dibanderol dengan harga relatif terjangkau di bawah Rp 10 jutaan.

2.   Tripod

Untuk menjaga agar gambar yang dihasilkan tetap stabil, maka kamu memerlukan tripod. Saat ini, tripod pun sudah hadir dengan beragam bentuk yang bisa menyesuaikan kebutuhanmu.

Jika kamu menggunakan kamera DSLR maka pilihlah tripod dengan kaki yang kokoh. Namun jika kamu menggunakan kamera untuk merekam aktivitas jalan-jalan, kamu bisa menggunakan tongsis atau GorillaPod.

Untuk masalah harga kamu nggak perlu khawatir. Saat ini toko daring sudah banyak menyediakan tripod dengan harga terjangkau dibawah Rp 1 juta kok.

3.   Lighting

Pencahayaan yang baik sangat mendukung kualitas gambar yang dihasilkan. Jadi pastikan kamu memiliki lighting untuk menunjang pengambilan gambar.

Saat ini banyak vlogger yang menggunakan ring lighting sebagai sumber pencahayaan selama pengambilan gambar. Bila dicek di toko daring, harga yang ditawarkan cukup beragam mulai dari ratusan ribu hingga kisaran Rp 2 jutaan.

4.   Microphone

Microphone menjadi barang yang cukup penting untuk dimiliki oleh para vlogger nih. Dengan microphone maka suara yang dihasilkan pun akan lebih jernih dan terdengar jelas.

Ada beberapa jenis microphone yang bisa kamu pilih, seperti shotgun microphone untuk menangkap suara dengan sangat baik ataupun lavailer microphone yang cocok dipakai jika kamu banyak melakukan aktivitas gerak tanpa merusak suara yang ditangkap kamera.

Untuk harga, sekali lagi jangan khawatir. Di toko daring banyak tersedia microphone dengan harga murah di bawah Rp 1 jutaan kok.

5.   Laptop

Alat terakhir yang wajib banget kamu miliki adalah laptop. Dengan laptop ini kamu bisa menyimpan semua gambar yang kamu ambil dan mengeditnya menjadi serangkaian video yang utuh.

Nggak perlu menggunakan laptop yang mahal hingga puluhan juta, cukup mencari laptop dengan kapasitas RAM yang cukup besar untuk menunjang pekerjaan editing gambar. Laptop seharga RP 5 jutaan pun bisa menjadi pilihan nih.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini