Menteri BUMN Harapkan Kelas Kreatif Mampu Ciptakan Peluang Usaha

Pelindo I menggelar Kelas Kreatif BUMN 2019 yang melibatkan 1.000 peserta.

Suara.Com
Iwan Supriyatna
Menteri BUMN Harapkan Kelas Kreatif Mampu Ciptakan Peluang Usaha
Kelas Kreatif BUMN 2019. (Dokumentasi: Pelindo I)

Suara.com - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I menggelar Kelas Kreatif BUMN 2019 yang melibatkan 1.000 peserta yang dihadiri oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, jajaran Kementerian BUMN dan Direktur Utama Pelindo I Bambang Eka Cahyana beserta jajaran Direksi Pelindo I.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT ke-21 Kementerian BUMN yang jatuh pada 13 April 2019 dan peringatan hari ulang tahun 143 BUMN secara bersama.

Kegiatan ini bertujuan sebagai program meningkatkan wawasan dan keterampilan serta kompetensi dalam menghadapi persaingan global.

Kegiatan ini sekaligus menjadi bagian dari rangkaian sejumlah kegiatan “Kerja Nyata BUMN” termasuk di bidang sosial dan edukasi yang menarik sepanjang Maret - April 2019.

Pelaksanaan kelas kreatif ini didahului dengan Seminar Motivasi yang diikuti oleh 1.000 pesera serta menghadirkan motivator nasional yang inspiratif, James Gwee Thian Hoe.

Kemudian dirangkai dengan pelaksanaan Kelas Kreatif BUMN yang dibagi menjadi empat kelas, yakni kelas digital marketing sebanyak 81 orang, kelas kuliner 81 orang, kelas make up 81 orang dan kelas barista 80 orang.

Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini diantaranya, Eko Purwanto pemilik Lembaga Pendidikan IT dan Trainer IT, Megat Moulina pengusaha Memo Catering yang merupakan partner catering di pemerintahan Provinsi dan Kepresidenan, Luki praktisi dan dosen kecantikan di Univerisitas Negeri Medan serta Deni Wahyudi pemilik Kafe Ratawali yang merupakan salah satu Barista ternama.

Dalam sambutannya, Menteri BUMN Rini Soemarno menyampaikan bahwa Kelas Kreatif BUMN ini merupakan salah satu Program BUMN Berbagi dan BUMN Hadir Untuk Negeri.

“BUMN harus bisa berbagi dengan masyarakat dan menciptakan program-program yang bisa memberikan manfaat besar bagi masyarakat. Kelas kreatif BUMN ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk belajar hal-hal baru dalam memulai usaha. Semoga kegiatan ini betul-betul bermanfaat dalam meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat,” ujar Rini Soemarno.

Direktur Utama Pelindo I Bambang Eka Cahyana menuturkan, Kelas Kreatif BUMN yang diselenggarakan oleh Pelindo I di Pekanbaru ini merupakan kelas kreatif yang pertama kali digelar oleh BUMN di Indonesia yang diikuti oleh siswa-siswi sekolah kejuruan, mahasiswa, para pelaku UMKM dan masyarakat umum.

"Kami berharap selain mendapatkan suntikan motivasi, peserta juga dapat menyerap tambahan ilmu dari para pembicara yang ahli di bidangnya secara gratis,” kata Bambang Eka Cahyana.

Dalam Kelas Kreatif BUMN ini juga diisi dengan sesi tanya jawab peserta dengan beberapa CEO BUMN yang disaksikan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno.

Bambang Eka Cahyana menambahkan, bahwa Kelas Kreatif BUMN yang menghadirkan tokoh inspiratif diharapkan mampu menjadi role model bagi para peserta yang mampu mendorong kreativitas untuk terus berinovasi.

“Kegiatan ini merupakan salah satu wujud nyata kontribusi Pelindo I untuk turut menginspirasi masyarakat untuk terus berkarya positif dan mendukung kreativitas masyarakat yang nantinya mampu memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional,” terang Bambang Eka Cahyana.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini