Supaya Indonesia Tak Dijajah Teknologi, Luhut Sarankan Ini

Luhut Binsar Pandjaitan menyebut Indonesia bisa dijajah oleh teknologi jika hanya menjadi penonton saja.

Suara.Com
Iwan Supriyatna | Muslimin Trisyuliono
Supaya Indonesia Tak Dijajah Teknologi, Luhut Sarankan Ini
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. (Suara.com/Muslimin)

Suara.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan menyebut Indonesia bisa dijajah oleh teknologi jika hanya menjadi penonton saja.

Agar tak dijajah teknologi, Luhut meminta masyarakat lebih cepat untuk beradaptasi dengan teknologi di era revolusi industri digital 4.0.

"Kita tidak akan mungkin dijajah secara teritorial yang ada bisa dijajah teknologi karena ekonomi ini perkiraan strategis, oleh karena itu postur kita harus mengarah kesana tanpa masuk teknologi tadi kita ketinggal," ujar Luhut, Kamis (28/3/2019).

Ia menjelaskan, dalam paparannya pemerintah sudah berkoordinasi untuk mendorong pemerataan revolusi industri 4.0 di daerah-daerah.

Selain itu dalam paparannya, dengan adanya teknologi ini bisa mengurangi praktik korupsi karena sudah tidak lagi bertatap muka melainkan melewati mesin.

"Kemarin saya di Malang, Presiden kasih instruksi 4.0 di mana pemerintah mendorong ini lebih bagus dan proses pengambilan keputusannya tidak berbelit-belit," tambahnya.

Menurut Luhut, Indonesia harus mempersiapkan infrastruktur teknologi dengan jaringan 5G. Dengan demikian, dengan mengikuti perkembangan teknologi yang ada membuat Indonesia tidak tertinggal.

"Kita suka tidak suka harus siapkan 5G robotik setiap infrastruktur yang dibangun," terangnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini