Ingin Ganti Kartu Kredit? Perhatikan Dulu Beberapa Hal Ini

Jangan sampai Anda ingin mengganti kartu kredit hanya karena 'lapar mata'.

Suara.Com
Arsito Hidayatullah
Ingin Ganti Kartu Kredit? Perhatikan Dulu Beberapa Hal Ini
Ilustrasi kartu kredit. (Shutterstock)

Suara.com - Adanya kartu kredit bisa dibilang menjadi salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan hidup, mulai dari kebutuhan pokok hingga pelengkap. Bank-bank penerbit kartu kredit pun berlomba-lomba untuk menarik minat para nasabah maupun non-nasabahnya agar mau menggunakan kartu kredit mereka, tentunya dengan benefit yang memiliki keunikan satu sama lain.

Nah, berbicara mengenai benefit yang ditawarkan oleh kartu kredit, hal ini biasanya berkaitan dengan limit, biaya administrasi tahunan, hingga promo cashback yang berlaku di merchant-merchant yang telah bekerja sama dengan bank penerbit kartu kredit.

Akhirnya, Anda pun dituntut harus cermat saat hendak mengajukan kartu kredit. Anda harus tahu, kira-kira jenis kartu kredit apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Hal ini juga berlaku saat Anda merasa perlu untuk mengganti kartu kredit, mungkin karena perubahan kebutuhan.

Tapi jika ingin mengganti kartu kredit, setidaknya ada hal-hal yang harus Anda perhatikan. Sebelum memutuskan ganti kartu kredit, berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Pastikan Anda Mengalami Perubahan Kebutuhan

Sebagaimana yang telah dijelaskan di awal, salah satu faktor yang membuat Anda memutuskan untuk mengganti kartu kredit adalah adanya peningkatan akan kebutuhan.

Sebagai contoh, saat Anda belum menikah, Anda mungkin lebih suka dengan jenis kartu kredit yang lebih banyak memberikan fitur promo yang berkaitan dengan traveling, entah itu diskon tiket pesawat, hotel, atau poin reward.

Nah, beda halnya saat sudah menikah dan berkeluarga. Anda mungkin akan mempertimbangkan untuk memiliki kartu kredit yang fiturnya cenderung mengarah ke promo-promo belanja di supermarket dan sebagainya.

Jikalau keadaannya sudah begitu, maka merupakan langkah yang tepat ketika Anda memutuskan untuk melakukan penggantian kartu kredit, agar lebih relevan dengan kebutuhan Anda yang paling utama saat ini. Bahkan, saat ini beberapa bank besar di Indonesia menawarkan fitur benefit terkait belanja di supermarket.

2. Biaya Bunga dan Administrasi Tidak Sepadan dengan Pemakaian

Anda termasuk individu yang jarang menggunakan kartu kredit? Nah, adanya biaya bunga dan administrasi tahunan mungkin menjadi semacam batu sandungan untuk Anda.

Bagaimana tidak? Anda diharuskan membayar biaya-biaya tersebut, sementara Anda sendiri jarang merasakan manfaat dari kartu kreditnya. Mungkin, pada awalnya Anda akan dibebaskan dari biaya-biaya tersebut. Namun, keuntungan tersebut tidak abadi pastinya, bukan?

Selang setahun, biasanya Anda sudah tidak bisa lagi menikmati promo tersebut. Akhirnya, Anda pun dipusingkan oleh biaya-biaya itu yang mana jumlahnya kadang tidak sebanding dengan pemakaian kartu kredit.

Ini jadi faktor selanjutnya yang 'menghalalkan' Anda untuk mengganti kartu kredit Anda dengan yang baru. Coba cari kartu kredit dengan fitur serupa, maksudnya sesuai dengan kebutuhan Anda, namun dengan biaya bunga dan biaya administrasi yang jumlahnya lebih kecil.

Saat ini sudah banyak juga bank-bank yang secara konsisten membebankan biaya bunga dan biaya adminstrasi kartu kredit yang jumlahnya tidak terlalu ‘mencekik’ kepada para nasabahnya.

3. Kondisi Finansial Dirasa Telah Membaik atau Tak Butuh Utang

Mungkin, ketika Anda pertama kali membuat kartu kredit, Anda tidak menginginkan limit kartu kredit yang begitu besar. Hal ini tentu saja disesuaikan dengan kondisi finansial Anda.

Waktu pun berlalu dan kini Anda telah memiliki pendapatan yang lebih besar dari sebelumnya. Sementara rekam jejak kredit Anda juga tidak pernah mengalami masalah. Jika begitu, maka tak ada salahnya untuk Anda mengganti kartu kredit Anda dengan limit yang lebih besar.

Terlebih, semakin besar limit kartu kredit, maka fitur benefit yang bisa dinikmati pun akan lebih banyak, semisal point reward yang lebih besar, hingga promo cashback di banyak merchant ternama.

Mengganti Kartu Kredit Itu Wajar, Asal Anda Sudah Siap

Ketiga hal di atas bisa Anda jadikan alasan untuk mengganti kartu kredit Anda saat ini. Namun, tentu saja ketiganya harus Anda pastikan terlebih dahulu. Jangan sampai Anda ingin mengganti kartu kredit karena 'lapar mata', karena hal ini berisiko mengakibatkan Anda malah jadi terjebak dalam utang yang menumpuk. Semoga bermanfaat!

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Mampir ke Neo Soho Mall? Yuk, Kunjungi 8 Tempat Keren Ini

Gunakan Kartu Kredit Ketimbang Uang Tunai

Perbedaan Kartu Kredit VISA dan MasterCard

Published by

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini