Di Stasiun MRT Tak Ada Tempat Sampah, Ini Alasannya

MRT Jakarta tidak menyediakan tempat sampah di area stasiun.

Suara.Com
Iwan Supriyatna | Muslimin Trisyuliono
Di Stasiun MRT Tak Ada Tempat Sampah, Ini Alasannya
Suasana di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Senin (25/3).[Suara.com/Muhaimin A Untung]

Suara.com - PT Mass Rapid Transit atau MRT Jakarta tidak menyediakan tempat sampah di area stasiun untuk membiasakan masyarakat menahan diri supaya tidak makan dan minum di transportasi umum.

Corporate Secretary PT MRT Jakarta Muhamad Kamaludin menuturkan, sebagai moda transportasi umum baru, pihaknya ingin membawa budaya baru supaya area MRT terjaga kebersihannya. Sosialisasi yang sudah diberikan seperti mengantre saat naik turun kereta dan tidak makan minum.

"Kami ingin membawa budaya yaitu tahan, simpan dan pungut supaya mendorong tidak makan dan minum di dalam stasiun," ujar Muhamad Kamaludin di CFD Taman Dukuh Atas, Minggu (31/3/2019).

Seperti diketahui, sempat viral foto masyarakat makan dan membuang sampah sembarangan di area stasiun MRT Jakarta. Foto tersebut pun menjadi sorotan dari para netizen hingga media internasional.

emak-emak piknik di stasiun MRT (Instagram.@jktinfo)
emak-emak piknik di stasiun MRT ([email protected])

Pihak MRT dalam hal ini akan terus mensosialisasikan budaya tidak makan dan minum saat menggunakan MRT Jakarta melalui media sosial dan petunjuk di area stasiun.

Ia menambahkan, bila ada masyarakat yang melanggar bisa ditegur oleh petugas.

Emak-emak Gelantungan dan Injak Kursi MRT Jakarta Jadi HL di Media Jepang
Emak-emak Gelantungan dan Injak Kursi MRT Jakarta Jadi HL di Media Jepang

"Sosialisasi kita sudah aktif melalui pengeras suara, pemberitahuan dari pintu masuk sudah ada di gerbang masuk MRT, dari aplikasi melalui komik MRT dan sosial media berupa video untuk membudayakan MRT yang bersih," tambahnya.

Sekadar informasi, MRT akan segera beroperasi secara komersil pada Senin 1 April 2019. Mulai tanggal itu penumpang akan dikenakan tarif rata-rata Rp 10.000 dengan rincian Rp 3.000 saat tap in pertama dan bertambah Rp 1.000 di stasiun berikutnya. Sedangkan untuk tarif rute Lebak Bulus - Bundaran HI berkisar Rp 14.000.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini