Rupiah Belum Mampu Keluar dari Tekanan Dolar AS

Nilai tukar rupiah masih belum bisa keluar dari tekanan dolar AS.

Suara.Com
Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Rupiah Belum Mampu Keluar dari Tekanan Dolar AS
Ilustrasi mata uang rupiah dan dolar AS. [Suara.com/Muhaimin A Untung]

Suara.com - Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra memprediksi pergerakan nilai tukar rupiah masih belum bisa keluar dari tekanan dolar AS.

Menurut pengamatan Ariston, pasar masih mengikuti negosiasi dagang dan BREXIT pekan ini, namun belum ada perkembangan yang baru.

"Rupiah berpotensi bergerak di kisaran Rp 14.190 - Rp 14.240," kata Ariston di Jakarta, Senin (1/4/2019).

Kendati demikian, Ariston mengamati, data survei aktivitas manufaktur China yang akan dirilis pukul 8.45 waktu setempat, bila hasilnya di atas konsensus 50.1 mungkin bisa membantu penguatan rupiah terhadap dolar AS.

Berdasarkan data Bloomberg, pergerakan nilai tukar rupiah pada akhir pekan lalu (29/3/2019) berada di level Rp 14.226 per dolar AS.

Level itu menguat bila dibandingkan dengan perge‎rakan nilai tukar rupiah hari sebelumnya di level Rp 14.242 per dolar AS.

Sementara itu, berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia, nilai tukar rupiah pada akhir pekan lalu berada di level Rp 14.244 per dolar AS.

Posisi itu menguat bila dibandingkan dengan pergerakan nilai tukar rupiah pada hari sebelumnya yang berada di level Rp 14.255 per dolar AS.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini