Underpass Cawang Banjir Akibat Proyek LRT, Anies Murka ke Adhi Karya

"Saya berikan peringatan keras kepada mereka bahwa pihak Adhi Karya harus bertanggung jawab,"

Suara.Com
Iwan Supriyatna | Stephanus Aranditio
Underpass Cawang Banjir Akibat Proyek LRT, Anies Murka ke Adhi Karya
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegur pihak Adhi Karya. (Suara.com/Stephanus)

Suara.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau titik penyebab banjir di bawah jalan layang Pancoran dan underpass Cawang, Jakarta Timur, Kamis (4/4/2019).

Saat melihat titik banjir, Anies kemudian menegur pihak kontraktor proyek Lintas Rel Terpadu (LRT) yang menjadi penyebab banjir.

Anies melihat beberapa tiang pancang proyek LRT Cawang-Dukuh Atas yang menutup saluran air menjadi salah satu penyebab banjir di wilayah tersebut.

"Saluran itu terpotong-potong oleh pilar lalu dibawahnya ada tudung pilar lalu ada tiang pancang itu volumenya besar," kata Anies usai meninjau underpass Cawang, Jakarta Timur, Kamis (4/4/2019).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga menegur pihak kontraktor karena tidak menyediakan pompa air permanen di lokasi proyek agar cepat mengatasi genangan air saat hujan.

"Saya berikan peringatan keras kepada mereka bahwa pihak Adhi Karya harus bertanggung jawab, tahun lalu sudah terjadi di tempat ini yang di MT Haryono sekitar Cawang mereka sudah koreksi dengan menyiapkan pompa permanen, sekarang pompanya permanen," jelasnya.

Anies menambahkan, kejadian ini tidak sesuai dengan rencana Analisis Mengenai Dampak Lingkungan yang disepakati bersama oleh Pemprov DKI bersama PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) sehingga ia melayangkan teguran langsung dalam tinjauan kali ini.

"Kalau dalam perencanaannya semua ikut, disiapkan aliran penggantinya, kolamnya, pompanya, tapi dalam pelaksanaannya harus ada monitoring. Maka dari itu Adhi Karya harus serius mengkoreksi bahwa di dataran operasionalnya ada pengawas yang tidak baik," tegas Anies.

Sebelumnya, curah hujan yang tinggi pada Selasa (2/4/2019) sore mengakibatkan banjir terjadi di kawasan Cawang, Jakarta Timur tepatnya di Jalan DI Pandjaitan, Cawang mengarah ke Kebon Nanas.

Ketinggian air berkisar lebih dari 50 cm. Banjir ini berimbas pada kemacetan panjang di sejumlah jalan protokol di Jakarta.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini