Menhub Klaim Pelabuhan Tanjung Priok Sudah Terbebas dari Praktik Korupsi

Budi Karya Sumadi bakal mengupayakan pelabuhan-pelabuhan di Indonesia untuk tidak menjadi sarang korupsi.

Suara.Com
Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Menhub Klaim Pelabuhan Tanjung Priok Sudah Terbebas dari Praktik Korupsi
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Kapal Roro di Pelabuhan Tanjung Priok. [Dok Kementerian Perhubungan]

Suara.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bakal mengupayakan pelabuhan-pelabuhan di Indonesia untuk tidak menjadi sarang korupsi. Saat ini, katanya, pelabuhan yang sudah terbebas dari korupsi yaitu Pelabuhan Tanjung Priok.

Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II ini mengungkapkan, akan ada lima pelabuhan yang bakal bersih dari korupsi.

Lima Pelabuhan itu diantaranya, Pelabuhan Tanjung Perak, Pelabuhan Tanjung Mas, Pelabuhan Makassar New Port, Pelabuhan Belawan dan Pelabuhan Yos Sudarso.

"Kami ingin bukan Priok saja, ada 5 Priok lagi yang juga pelabuhan bebas korupsi," katanya saat ditemui di Kantor Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (8/4/2019).

Budi Karya menuturkan, untuk membebaskan pelabuhan dari korupsi salah satunya dengan menggenjot pelabuhan untuk bisa menampung barang dengan volume tertentu. Selain itu, memberikan pelayanan maksimal kepada penumpang maupun angkutan logistik agar tak ada komplain.

"Jika menjadikan pelabuhan bebas korupsi maka pelayaran bisa ditingkatkan. Kita yakin juga pelabuhan ini bisa memberikan kinerja yang baik dan melayani, Insha Allah investasi akan berkembang," tutur dia.

Mantan Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk ini juga menargetkan lima pelabuhan itu bisa terbebas dari korupsi dalam waktu setahun ini.

"Paling lama 2 tahun kalau bisa setahun. Jadi sebagai contoh volume kalau Priok 7,5 juta jadi 9 juta, katakan Perak 3 juta kita targetkan naik 20 persen, karena kenaikan volume ekspor, membuktikan kinerja semuanya bekerja dengan baik, mereka melakukan tingkat level of service yang maksimal," ucap dia.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini