Luhut Minta LSM Bela 27 Juta Petani Sawit Melawan Kebijakan Uni Eropa

Perhatikan nasib 27 juta petani sawit.

Suara.Com
Iwan Supriyatna | Muslimin Trisyuliono
Luhut Minta LSM Bela 27 Juta Petani Sawit Melawan Kebijakan Uni Eropa
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. (Suara.com/Achmad Ali)

Suara.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan meminta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) untuk membela petani sawit untuk meloloskan minyak sawit asal Indonesia ke pasar Uni Eropa.

Untuk diketahui, tidak lolosnya minyak sawit asal Indonesia karena tersandung kebijakan Renewable Energy Directive II (Red II).

Luhut meminta seluruh LSM tidak hanya menyerukan tentang penyelamatan lingkungan saja, tetapi perhatikan juga nasib para petani sawit.

"Saya harap juga LSM-LSM Indonesia itu dapat merasa terpanggil karena ini menyangkut 27 juta petani sawit," ujar Menteri Luhut, Senin (8/4/2019).

Luhut menambahkan, dengan membela petani sawit bisa meningkatkan pendapatan 27 juta petani sawit di Indonesia secara langsung atau tidak langsung.

"Masalah lingkungan, saya berkali-kali mengatakan kita itu tidak akan membuat kebijakan yang akan merusak generasi kita yang akan datang," terangnya.

Sebelumnya Ketua Umum Gapki, Joko Supriyono mengatakan, akan melawan kebijakan Uni Eropa yang menganggap kelapa sawit sebagai tanaman berisiko tinggi terhadap deforestasi.

Seh‎ingga, minyak kelapa sawit Indonesia sulit masuk ke pasar Uni Eropa.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini