Bayar Tol, Beli BBM Hingga Naik KRL Nantinya Bisa Pakai LinkAja

Himbara bakal memanjakan para nasabah perbankan lewat sistem pembayaran LinkAja.

Suara.Com
Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Bayar Tol, Beli BBM Hingga Naik KRL Nantinya Bisa Pakai LinkAja
Ilustrasi aplikasi LinkAja. [Telkomsel]

Suara.com - Himpunan Bank Negara (Himbara) bakal memanjakan para nasabah perbankan lewat sistem pembayaran LinkAja. Nantinya, melalui LinkAja masyarakat bisa bayar tol dan membeli bahan bakar minyak (BBM) Pertamina.

Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Kartika Wirjoatmojo mengatakan, saat ini LinkAja tidak menyasar sebagai alat pembayaran di sektor usaha atau merchant, tetapi lebih sebagai alat pembayaran untuk pelayanan publik dan transportasi.

Pria yang akrab disapa Tiko ini mengungkapkan, saat ini yang tengah dikembangkan yaitu sebagai pembayaran jalan tol dan pembelian BBM.

Untuk pembayaran tol, LinkAja akan sebagai sumber dana, pembayarannya akan menggunakan Radio Frequency Identification (RFID) atau Pengenal Frekuensi Radio.

"Kita sedang tes di beberapa tol. Kalau BPJT sudah setuju, kita akan roll up untuk pembayaran yang RFID di tol, sumber dananya dari LinkAja," katanya saat ditemui di Mandiri Club, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (9/4/2019).

Sementara itu, lanjut Tiko, untuk pembelian BBM akan tetap menggunakan aplikasi MyPertamina yang mana sumber dananya berasal dari LinkAja.

Selain tol dan BBM, LinkAja juga nantinya bakal bisa digunakan untuk pembayaran tiket Kereta Rel Listrik (KRL).

"Jadi nanti ada beberapa payment product yang saat ini dimiliki pemain non bank seperti Jasa Marga dan Pertamina, sumber dananya akan dari LinkAja. Sehingga nanti ekosistem terbangun untuk public service saja, transportasi, pembayaran bahan bakar, pembayaran telfon, dan sebagainya," jelas dia.

Ketua Perbanas ini pun menargetkan, pembayaran tol dan pembelian BBM lewat LinkAja bisa diimplementasikan pada tahun ini.

"Akhir tahun selesai semua. Akhir tahun dengan Jasa Marga melalui flow itu. Terus dengan Pertamina segera, minggu-minggu ini akan kita jalanin. Kereta mungkin kuartal III," tutup dia.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini