Lebaran, 40 Persen Pemudik Bakal Gunakan Tol Trans Jawa

Pemudik yang melewati Tol Trans Jawa didominasi kendaraan pribadi.

Suara.Com
Iwan Supriyatna | Muslimin Trisyuliono
Lebaran, 40 Persen Pemudik Bakal Gunakan Tol Trans Jawa
Tol Trans Jawa. (Suara.com/Adam Iyasa)

Suara.com - Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan dari survei potensi pemudik angkutan lebaran 2019 memprediksi 40 persen pemudik akan menggunakan Tol Trans Jawa.

Menurut survei yang dilakukan, pemudik yang melewati Tol Trans Jawa didominasi kendaraan pribadi.

Kepala Badan Litbang Kementerian Perhubungan Sugihardjo menjelaskan, pemilihan rute perjalanan cukup penting.

Untuk survey yang dilakukan, pengguna mobil lebih memilih Tol Trans Jawa dan 56,9 persen atau 280 ribu pemudik yang menggunakan motor lebih memilih jalur alternatif.

"Pemudik menggunakan mobil pribadi terbanyak yaitu 40 persen atau sekitar 399.962 mobil melalui Tol Trans Jawa, hal ini karena waktu tempuh hanya sekitar 10 jam tergantung volume kendaraan yang melewati rute tersebut," ujar Sugihardjo, Selasa (9/4/2019).

Sisanya, pemudik akan melalui jalur alternatif seperti melewati jalur Pantura. Mengingat Tol Trans Jawa menjadi ruas utama, oleh karena itu fasilitas yang perlu dilengkapi untuk mendukung kenyamanan pemudik seperti rest area, bengkel dan pom bensin perlu ditingkatkan.

Sebelumnya Sugihardjo memprediksi puncak arus mudik lebaran akan terjadi pada tanggal 31 Mei 2019. Untuk populasi pemudik tahun 2019 berjumlah sekitar 41,9 juta orang, meningkat dari tahun 2018 sebanyak 33,7 juta orang.

"Terbesar di Jawa Tengah Provinsinya dan untuk kota Bandung menjadi mayoritas pemudik," pungkasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini