PT KMWI Siap Genjot Penjualan Kendaraan AMMDes

Kapasitas produksi yang dihasilkan KMWI selaku produsen AMMDes saat ini sekitar 3 ribu unit pertahun.

Suara.Com
Dwi Bowo Raharjo | Muslimin Trisyuliono
PT KMWI Siap Genjot Penjualan Kendaraan AMMDes
Alat Mekanik Multifungsi Pedesaan (AMMDes). (Suara.com/Muslimin)

Suara.com - PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) akan menggenjot penjualan Alat Mekanik Multifungsi Pedesaan (AMMDes). Mereka mengklaim produknya bisa mendorong produktivitas petani dan industri kecil menengah (IKM).

Presiden Direktur PT KMWI, Reza Treistanto mengatakan, pihaknya akan meningkatkan penjualan AMMDes diberbagai pedesaan di Indonesia. PT KMWI juga akan menggandeng 63 perusahaan lokal yang terkait.

"AMMDes dijual juga beserta aplikasinya. Nanti aplikasinya ini dibuat oleh anak bangsa, mulai dari mesin pengolahan beras, pengolahan jagung dan pengolahan kopi jadi multiplier effectnya dapat dirasakan semua," ujar Reza Treistanto di Forum Wartawan Industri Puncak, Bogor, Jumat (12/4/2019).

Reza mengungkapkan, kapasitas produksi yang dihasilkan KMWI selaku produsen AMMDes saat ini sekitar 3 ribu unit pertahun. Ia berencana untuk meningkatkan kapasitas produksi menjadi 12 ribu unit ditahun 2020.

Pemasaran yang akan dilakukan nantinya dibagi menjadi dua. Seperti diketahui, PT KMWI pihaknya menggandeng Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Direktorat Jenderal Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika. Kedua menjual secara perorangan di desa.

"AMMDes merupakan solusi untuk mengurangi kesenjangan baru desa. Jika perusahaan swasta juga memikirkan hal yang sama dengan menggunakan dana corporate social responsibility (CSR) untuk membeli AMMDes, maka masyarakat juga akan sejahtera," kata dia.

Untuk diketahui, KMWI pada bulan April ini berencana mendaftarkan produk AMMDes ke katalog elektronik atau e-catalogue. Melalui katalog tersebut diharapkan kementerian dan lembaga pemerintah bisa membeli melalui akses Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang atau Jasa Pemerintah (LKPP).

Untuk penjualan langsung kepada perorangan, Reza mengatakan pihaknya bekerja sama dengan PT Kiat Mahesa Wintor Distributor (KMWD). Di Indonesia sendiri terdapat 74 ribu desa, dan setiap desa akan membutuhkan dua AMMDes.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini