Penangguhan Penerbangan Boeing 737 Max Pengaruhi Jadwal Terbang di AS

Akibat penangguhan penerbangan itu terjadi 160 pembatalan atau sekitar 4.200 penerbangan

Suara.Com
Bangun Santoso | Muslimin Trisyuliono
Penangguhan Penerbangan Boeing 737 Max Pengaruhi Jadwal Terbang di AS
Pesawat Boeing 737 Max di Bandara LaGardia, New York. (Don Emmert / AFP)

Suara.com - Penangguhan penerbangan menggunakan Beoing 737 Max 8 pada maskapai secara global membuat masalah baru pada jadwal penerbangan untuk rute musim panas.

Diketahui, maskapai penerbangan Amerika Serikat sedang mengalami langkanya pesawat dan meningkatnya permintaan menjelang penerbangan musim panas.

Dikutip dari Reuters, Juru Bicara Asosiasi Pilot Southwest Airlines, Mike Trevino menjelaskan pihaknya dan American Airlines telah memindahkan masing-masing 34 dan 24 pesawat jenis Boeing 737 Max 8 ke jadwal terbang hingga bulan Agustus.

Keputusan tersebut membuat 160 pembatalan atau sekitar 4.200 penerbangan setiap hari hingga 8 Juni dan 5 Agustus. Sedangkan American Airlines hingga 19 Agustus sekitar 115 jadwal penerbangan dibatalkan dari jadwal terbang musim panas.

"Penghasilan mereka tepat di depan. Mereka dapat melihatnya tetapi mereka tidak dapat memenuhi itu," ujar Mike Trevino.

Perkiraan tersebut oleh maskapai penerbangan terlalu dini untuk memperkirakan dampak dari penangguhan penerbangan Boeing 737 Max pada kuartal pertama.

Banyaknya maskapai penerbangan melakukan perpanjang penangguhan penerbangan mengisyaratkan tidak ada penerbangan menggunakan pesawat Boeing 737 Max 8 dalam waktu dekat.

Diketahui, penangguhan penerbangan menggunakan Boeing 737 Max 8 karena jatuhnya pesawat Ethiopian Air lines dan Lion Air yang menewaskan 346 orang. Saat ini Boeing sedang meningkatkan pengembangan perangkat lunak untuk keselamatan otomatis pesawat.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini