JK Inginkan Indonesia Miliki Tempat Inovator Layaknya Silicon Valley

"Menghadapi kemajuan teknologi, saya bilang ini harus bikin semacam Silicon Valley,"

Suara.Com
Bangun Santoso | Achmad Fauzi
JK Inginkan Indonesia Miliki Tempat Inovator Layaknya Silicon Valley
Wakil Presiden Jusuf Kalla. (ANTARA/Fransiska Ninditya)

Suara.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menginginkan Indonesia memiliki tempat yang di dalamnya sebagai pencipta teknologi. Dia pun mengibaratkan tempat tersebut seperti Silicon Valley.

Untuk diketahui, Silicon Valley merupakan salah satu daerah di San Fransisco, Amerika Serikat yang ditempati para inovator dan pencipta teknologi. Inovator di Silicon Valley rata-rata lulusan dari Universitas Stanford.

"Menghadapi kemajuan teknologi, saya bilang ini harus bikin semacam Silicon Valley, di mana pusat-pusat teknologi digabung, dibentengi. Kayak Silicon Valley kan Stanford, kita apa," kata JK saat ditemui usai membuka Indonesia Industri Summit 2019 di ICE BSD, Tangerang Selatan, Senin (15/4/2019).

JK yang juga sebagai Ketua Umum PMI ini menuturkan, saat ini kemajuan teknologi memang tak bisa dihindari. Apalagi, teknologi bergerak dengan cepat.

"Dalam situasi seperti saat ini untuk menanggapi teknologi yang semakin berkembang tidak bisa dihindari dan ditolak dengan cara memanfaatkan teknologi," jelas dia.

JK pun meminta kepada perusahaan agar juga menerapkan teknologi. Pasalnya, dengan teknologi, perusahaan kecil kini bisa terkenal di dunia.

"Tentu bukan saja hanya revolusi industri, tapi revolusi entrepreneurship yang banyak terjadi. Perusahaan kecil bisa mendunia, bekerja bisa berubah di mana saja yang penting ada pekerjaan. Karena tidak bisa dihindari kemajuan, di samping asing perusahaan-perusahaannya baik," imbuh JK.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini