Pemerintah akan Terus Laksanakan Program Satu Juta Rumah di Sumbar

Pembangunan diharapkan dapat mengurangi kebutuhan rumah masyarakat di Sumbar.

Suara.Com
Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Pemerintah akan Terus Laksanakan Program Satu Juta Rumah di Sumbar
KemenPUPR akan terus mendorong pelaksanaan Program Satu Juta Rumah di Provinsi Sumatera Barat. (Dok :PUPR).

Suara.com - Pemerintah menyatakan akan terus mendorong pelaksanaan Program Satu Juta Rumah di Provinsi Sumatera Barat

“Kami (Kementerian PUPR), melalui Satker Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Sumatera Barat, akan terus mendorong pembangunan untuk masyarakat. Salah satunya dengan rusun dan rumah khusus untuk masyarakat di daerah sini," ujar Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Sumbar, Nursal di Kota Padang, beberapa waktu lalu. 

Pembangunan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memenuhi kebutuhan hunian bagi masyarakat Sumbar.

Nursal menjelaskan, SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Sumbar, tahun ini mendapat tugas dari KemenPUPR membangun rusun dan rusus untuk memenuhi hunian yang layak bagi masyarakat.

Berdasarkan data, setidaknya ada pembangunan empat tower rumah susun sewa (rusunawa) dan 120 rumah khusus (rusus) untuk masyarakat Sumbar. Fasilitas tersebut diharapkan dapat mengurangi kebutuhan rumah.

"Masih banyak masyarakat Sumbar yang belum memiliki rumah yang layak huni. Rusun ini bisa jadi alternatif pilihan tempat tinggal bagi mereka yang benar-benar membutuhkan rumah yang layak," terangnya.

Berdasarkan data, pembangunan rusun di Sumbar akan dilaksanakan di empat lokasi, yakni di Kabupaten Passel, Dharmasraya, Bukittinggi dan Kota Padang. Rusun-rusun tersebut dibangun dengan ketinggian tiga sampai empat lantai, mulai dari tipe 24, 36 dan 45.

Pembangunan rusus dilaksanakan di Mentawai sebanyak 40 unit untuk nelayan, di lima puluh kota sebanyak 50 unit untuk ASN dan Polri, dan di Pesisir Selatan sebanyak 30 unit untuk nelayan.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini