Truk Pengangkut Sembako Dibolehkan Masuk Tol di Musim Mudik Lebaran

Truk pengangkut sembako diperbolehkan untuk memasuki jalan tol saat mudik lebaran.

Suara.Com
Iwan Supriyatna | Muslimin Trisyuliono
Truk Pengangkut Sembako Dibolehkan Masuk Tol di Musim Mudik Lebaran
Contra flow Jalan Tol Cikampek di Km 51, Jawa Barat. [Antara/Wahyu Putro A]

Suara.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan, truk pengangkut sembako diperbolehkan untuk memasuki jalan tol saat mudik lebaran. Menurutnya arus truk pengangkut logistik bisa mempengaruhi kestabilan harga.

Hal tersebut diungkapkan Menhub setelah menghadiri rapat koordinasi bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

Di aturan sebelum-sebelumnya, memasuki mudik lebaran truk dilarang memasuki jalan tol.

Alasannya agar arus volume kendaraan di ruas tol tidak terhambat oleh lambatnya laju truk-truk yang mengangkut bahan makanan atau bahan baku lainnya.

"Ada kalau yang sembako boleh, tidak ada alasan sembako menjadi mahal," ujar Budi Karya Sumadi, Kamis (25/4/2019).

Dalam rapat koordinasi tersebut, Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko yang turut hadir juga menambahkan, untuk menjaga stabilnya harga bahan pokok maka truk pengangkut sembako diperbolehkan menggunakan tol.

Karena menurutnya, jika pasokan bahan makanan mengalami hambatan, maka diperkirakan akan berdampak ke kenaikan harga bahan pokok.

"Kalau situasinya mengharuskan seperti itu harus dilakukan logistik menjadi prioritas, itu tidak boleh telat karena harga bisa meningkat," ujar Moeldoko.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini