Tiket Pesawat Mahal Bakal Jadi Biang Kerok Inflasi April

Penyebab inflasi April 2019 salah satunya karena tarif tiket pesawat yang masih tinggi.

Suara.Com
Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Tiket Pesawat Mahal Bakal Jadi Biang Kerok Inflasi April
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. (Suara.com/Achmad Fauzi)

Suara.com - Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi pada bulan April 2019 sebesar 0,35 persen. Perkiraan itu sesuai pemantauan harga di perwakilan Bank Indonesia seluruh daerah.

Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan, penyebab inflasi April 2019 salah satunya karena tarif tiket pesawat yang masih tinggi. Selain itu, inflasi April dipicu oleh beberapa harga bahan pokok.

"Memang ini kalau beberapa bahan makanan seperti bawang merah, bawang putih, cabai ada kenaikan sedikit di inflasinya. Demikian juga di angkutan udara. Tapi kita juga mencatat beras itu deflasi," ujar dia saat ditemui di Komplek Perkantoran BI, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019).

Dalam hal ini, Perry juga memprediksi pada bulan Ramadan akan mengalami inflasi. Akan tetapi, inflasi pada bulan Ramadan akan lebih rendah dari tahun lalu.

Dengan rendahnya inflasi tersebut, maka Perry memperkirakan inflasi sepanjang 2019 di bawah target BI yang sebesar 3,5 persen.

"Sehingga akhir tahun ini kita perkirakan inflasinya itu lebih rendah dari 3,5 persen. Bahkan perkiraan kami itu bisa mengarah ke 3,1 persen," ucap dia.

Dengan rendahnya inflasi, maka akan berimbas ke perbaikan ekonomi Indonesia karena meningkatnya daya beli masyarakat.

"Sehingga itu tentu saja memberikan faktor positif kepada ekonomi kita," tutup dia.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini