Jelang Ramadan 2019 Stok Beras Bulog Aman, Capai 2,05 Juta Ton

Beras 2,05 juta ton itu sisa stok pengadaan dalam negeri tahun lalu, pengadaan tahun ini, dan juga beras dari luar negeri, kata Bachtiar.

Suara.Com
Reza Gunadha | Muslimin Trisyuliono
Jelang Ramadan 2019 Stok Beras Bulog Aman, Capai 2,05 Juta Ton
Ilustrasi jenis beras. (pixabay/ImageParty)

Suara.com - Perum Bulog memastikan, stok beras secara nasional menjelang bulan Ramadhan 2019 terbilang stabil.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Pengadaan Perum Bulog Bachtiar dalam rapat koordinasi terbatas Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Jumat (3/5/2019).

Bachtiar menjelaskan, stok beras yang dimiliki menjelang bulan Ramadhan cukup stabil, yakni 2,05 juta ton.

”Beras 2,05 juta ton itu sisa stok pengadaan dalam negeri tahun lalu, pengadaan tahun ini, dan juga beras dari luar negeri,” kata Bachtiar.

Stok beras itu juga diprediksi bertambah, karena bakal terjadi panen di wilayah Jata Timur, Jawa Barat, hingga Sulawesi pada bulan Mei.

Dengan tambahan musim panen tersebut, Bulog optimistis terjadi pertambahan jumlah produksi beras mencapai 10 ribu ton per hari.

Bachtiar menambahkan, Bulog lebih banyak membeli gabah dari petani ketimbang beras. Sebab, gabah lebih mudah diolah saat dibutuhkan untuk digiling langsung.

"Sekarang Bulog banyak membeli gabah ketimbang beras, terutama untuk segi keamanan.Kalau gabah, risiko turun mutunya sedikit. Jadi, lebih baik kami menyimpan gabah daripada beras.”

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini