Mentan Klaim Harga Bawang Putih Bakal Turun ke Rp 30.000 Per Kg

Saat ini pasokan bawang putih sudah lebih dari cukup.

Suara.Com
Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Mentan Klaim Harga Bawang Putih Bakal Turun ke Rp 30.000 Per Kg
Menteri Pertanian Amran Sulaiman. (Suara.com/Achmad Fauzi)

Suara.com - Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengklaim mulai hari ini harga bawang putih bakal turun. Bahkan, sambung Amran, harganya bisa sampai Rp 30.000 per kilogram di tingkat konsumen.

Menurut Amran, tak ada alasan lagi para pedagang pasar menjual bawang putih ke konsumen dengan harga tinggi. Pasalnya, saat ini pasokan bawang putih sudah lebih dari cukup.

"Kami sudah laporkan kepada beliau (Presiden Joko Widodo), stoknya dua kali lipat daripada kebutuhan. Kami siapkan 100 ribu ton lebih bulan Ramadan, padahal kebutuhan hanya 50 ribu ton," kata dia saat meninjau Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu (5/5/2019).

Amran menjelaskan, pasokan bawang putih 100 ribu ton ini merupakan milik importir yang nantinya disalurkan ke pedagang pasar lewat mekanisme Operasi Pasar (OP) setiap harinya.

Importir akan menjual bawang putihnya ke pedagang pasar dengan harga Rp 25.000 per kilogram, sehingga pedagang pasar bisa menjual ke konsumen dengan batas harga Rp 30.000 per kilogram.

"Tidak ada alasan harga bergejolak, kami berikan harga maksimal Rp 30.000 per kg, antara Rp 20.000 sampai Rp 30.000 per kg. Kami minta importir bertanggung jawab sampai ke konsumen, memantau harga bawangnya masing-masing," jelas dia.

Dalam hal ini, Amran menegaskan, pihaknya bersama Kepolisian RI juga telah membentuk satuan tugas (satgas) pangan untuk memantau harga bawang putih ini.

Sehingga, jika terdapat harga bawang putih yang lewat Rp 30.000 per kilogram, maka satgas akan bertindak tegas.

"Kami monitor harian, kalau nanti ada lewat Rp 30.000 per kg, kami membentuk satgas bersama Kapolri. Kami bentuk satgas untuk jaga pangan di bulan Ramadan," tutup dia.

Sebelumnya, harga bawang putih di sejumlah daerah jelang Ramadan ini merangkak naik. Salah satunya di daerah Jambi yang mana harga bawang putih melonjak drastis dari Rp 45 ribu dan kini tembus Rp 100 ribu per kilogram.

Padahal normalnya, harga bawang putih di pasaran hanya Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu per kilogram.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini