Sebut Laba Bersih BUMN Rp 200 T, Rini: Itu Sudah Diaudit

Rini juga memamerkan aset perusahaan-perusahaan BUMN yang sangat besar. Tercatat, hingga saat ini aset perusahaan BUMN sudah mencapai Rp 8.000 triliun.

Suara.Com
Chandra Iswinarno | Achmad Fauzi
Sebut Laba Bersih BUMN Rp 200 T, Rini: Itu Sudah Diaudit
Menteri BUMN Rini Soemarno dalam puncak HUT ke-21 di Gedung Kementerian BUMN, Jalan Merdeka Selatan, Minggu (4/5/2019). [Suara.com/Achmad Fauzi]

Suara.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengklaim laba bersih perusahaan-perusahaan BUMN pada 2018 sudah tembus lebih dari Rp 200 triliun. Laba bersih tersebut didapat dari 143 perusahan BUMN.

Namun, menurut Rini, banyak pihak yang mempertanyakan laba bersih yang didapat perusahaan-perusahaan BUMN tersebut.

Akan tetapi, Rini memastikan bahwa laba bersih tersebut telah diaudit dan benar adanya.

"Laba bersih kita di atas Rp 200 triliun, tapi beberapa masih mempertanyakan, tapi ini sudah diaudited. Jadi sudah benar di atas Rp 200 triliun," kata Rini dalam puncak HUT ke-21 di Gedung Kementerian BUMN, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Minggu (5/5/2019).

Selain itu, Rini juga memamerkan aset perusahaan-perusahaan BUMN yang sangat besar. Tercatat, hingga saat ini aset perusahaan BUMN sudah mencapai Rp 8.000 triliun.

"Pendapatan bersih Rp 2.300 triliun. Investasi kita 2018 dalam dukung program pemerintah mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dengan investasi yang dilakukan BUMN mencapai Rp 480 triliun," tutur dia.

Rini pun menambahkan, perusahaan BUMN juga telah menyumbang ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pada tahun 2018 dengan kontribusi sebesar Rp 420 triliun.

"Jadi itu kontribusi dari pajak, dividen dan penerimaan negara bukan pajak (PNBP)," tutup dia.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini