Tekan Angka Kecelakaan saat Mudik, Akan Ada 15 Rest Area Khusus Motor

Rencananya rest area akan ditempatkan di jalur Pantura dan jalur Selatan.

Suara.Com
Iwan Supriyatna | Muslimin Trisyuliono
Tekan Angka Kecelakaan saat Mudik, Akan Ada 15 Rest Area Khusus Motor
Pemudik memadati jalur lingkar Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (19/6).

Suara.com - Guna menekan angka kecelakaan sepeda motor di musim mudik lebaran, PT Jasa Raharja (Persero) akan membuat 15 titik rest area atau tempat istirahat. Rencananya rest area akan ditempatkan di jalur Pantura dan jalur Selatan.

Direktur Utama PT Jasa Raharja Budi Rahardjo menjelaskan, korban kecelakaan khususnya yang menggunakan sepeda motor saat mudik lebaran mencapai 70 persen.

Oleh karena itu Jasa Raharja telah menghitung titik kelemahan pengendara sepeda motor supaya bisa istirahat di rest area.

"Khusus pemudik yang menggunakan sepeda motor Jasa Raharja menyelenggarakan rest area untuk istirahat di 15 titik di wilayah Pantura dan jalur Selatan untuk bisa dimanfaatkan," ujar Budi Rahardjo di Gedung Nyi Ageng Serang, Selasa (7/5/2019).

Selain di wilayah Pulau Jawa, Jasa Raharja juga menyediakan rest area di wilayah Sumatera seperti Lampung. Menurutnya rest area cukup penting mengingat sepeda motor tidak dianjurkan untuk berkendara jarak jauh.

Beberapa fasilitas yang diberikan rest area seperti cek kesehatan beserta dokter, tempat istirahat anak dan tempat bermain, pijat refleksi dan bengkel. Pengendara bisa memanfaatkan fasilitas tersebut secara gratis.

Budi menambahkan, selain memberikan rest area pihaknya sudah bekerjasama dengan pemerintah untuk menyediakan mudik gratis bersama BUMN.

Ia meminta pengendara sepeda motor untuk mematuhi lalu lintas saat berkendara mudik lebaran.

"Kami dan pemerintah serta stakeholder mengimbau kepada masyarakat supaya tidak menggunakan sepeda motor. Kalau terpaksa menggunakan sepeda motor harus berhati-hati dan mematuhi rambu lalu lintas yang ada," terangnya.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini