Pelindo III Tambah Kuota hingga 30 Ribu Tiket Mudik Lebaran 2019 Gratis

"Perkiraan jumlah total kuota Program Mudik Bareng 2019 yang disediakan Pelindo III dapat mencapai sekitar 30.000 tiket, ujar Doso Agung.

Suara.Com
Reza Gunadha | Muslimin Trisyuliono
Pelindo III Tambah Kuota hingga 30 Ribu Tiket Mudik Lebaran 2019 Gratis
Kapal milik Pelni. [pelni.co.id]

Suara.com - PT Pelabuhan Indonesia III akan menambah 30 ribu kuota untuk mudik gratis Idul Fitri 1440 Hijriah. Program Mudik Bareng 2019 yang digagas oleh Kementerian BUMN ini akan menggunakan kapal laut dan bus gratis.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung menjelaskan, kuota tiket bus gratis itu ditambah karena tingginya animo masyarakat yang mendaftar. Nantinya tiket akan diterbitkan secara bertahap sesuai kebutuhan.

"Perkiraan jumlah total kuota Program Mudik Bareng 2019 yang disediakan Pelindo III dapat mencapai sekitar 30.000 tiket,” ujar Doso Agung, di Surabaya.

Sebayak 30 ribu tiket gratis yang disediakan terdiri dari 2 ribu tiket kapal laut, dan 28 ribu tiket bus gratis.

Doso Agung menambahkan, untuk kapal laut akan dilayani oleh kapal milik Pelni dan bus gratis milik Damri dari pelabuhan untuk tujuan di Pulau Jawa.

“Berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan, Pelindo III akan bersinergi dengan PT Damri dan operator bus swasta lain untuk menambah tiket bus gratis keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang,” tambahnya.

Untuk mudik gratis menggunakan kapal laut melayani 5 rute dari Kalimantan Ke Jawa. Rute yang disediakan Kumai – Tanjung Perak, Kumai – Tanjung Emas, Sampit Tanjung Emas dan Batulicin – Tanjung Perak.

Sementara bus gratis dari keberangkatan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya tersedia 5 jurusan Ke Cepu Madiun, Trenggalek, Blitar dan Jember.

Sedangkan bus gratis dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang memiliki 7 tujuan seperti Tegal, Wonosobo, Temanggung, Purworejo, Yogyakarta, Solo dan Purwodadi.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini