Darmin Sebut Ancaman Trump ke China Jadi Tekanan Baru untuk Dunia

Kenaikan tarif impor barang-barang China akan menjadi tekanan baru bagi dunia.

Suara.Com
Iwan Supriyatna | Muslimin Trisyuliono
Darmin Sebut Ancaman Trump ke China Jadi Tekanan Baru untuk Dunia
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. (Suara.com/Muslimin)

Suara.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyebut, kebijakan Presiden AS Donald Trump yang akan menaikan tarif impor barang-barang China akan menjadi tekanan baru bagi dunia.

Diketahui Presiden Donald Trump mengancam akan memberlakukan tarif impor 200 miliar dolas AS pada 25 persen barang-barang China. Presiden Trump menilai China telah melanggar kesepakatan karena meningkatkan jumlah barang impornya.

"Intinya kalau mereka bisa menyelesaikan permasalahan ini semua akan baik, dunia akan lebih normal. Kalau tidak pasti akan ada tekanan bukan hanya Indonesia bagi dunia ada tekanan baru lagi," ujar Menko Darmin di Hotel Shangri-La, Kamis (9/5/2019).

Menko Darmin belum mengambil langkah untuk imbas dari Presiden Trump yang berencana menaikan tarif impor tersebut.

"Kita belum tahu seperti apa, jadi jangan ditebak-tebak deh yang jelas sekarang ini ekonomi dunia sedang melambat," tambahnya.

Presiden Trump akan memberlakukan rencana menaikan tarif impor pada hari Jumat pukul 12.01 waktu setempat. Kebijakan tersebut diketahui diunggah dari akun media sosial Twitter Presiden Trump.

"Saya baru saja mengumumkan bahwa kami akan menaikan tarif dan kami tidak akan mundur sampai China berhenti menipu pekerja kami dan mencuri pekerjaan kami, dan itulah yang akan terjadi, jika tidak, kami tidak harus melakukan bisnis dengan mereka," kata Trump seperti dikutip dari Reuters.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini