Memalukan! Ada Tipo di Pecahan Uang 50 Dolar Australia

Lembaran 50 dolar Australia yang sudah dicetak sebanyak 400 juta lembar pada Oktober 2018 rupanya memuat kesalahan dalam penulisan kata responsibility.

Suara.Com
Liberty Jemadu
Memalukan! Ada Tipo di Pecahan Uang 50 Dolar Australia
Pecahan mata uang 50 dolar Australia. [Shutterstock]

Suara.com - Pemerintah Australia dibuat malu pekan ini, setelah publik menemukan ada kesalahan penulisan atau tipo di pecahan mata uang 50 dolar Australia.

Pada lembaran pecahan uang yang sudah dicetak sebanyak 400 juta lembar pada Oktober 2018 lalu itu rupanya memuat kesalahan dalam penulisan kata "responsibility" - yang alih-alih ditulis "responsibilty".

Lembaran uang 50 dolar Australia itu sendiri memuat gambar anggota parlemen perempuan pertama negeri Kangguru itu, yakni Edith Cowan. Tipo itu sendiri ditemukan dalam kutipan pidato pertama Cowan, ketika tampil di Parlemen Australia Barat pada 1921.

Sialnya lagi, kata itu - responsibility - muncul tiga kali dalam kutipan pidato yang disalin di lembaran uang 50 dolar Australia tersebut dan ketiga-ketiganya memiliki tipo yang sama.

Kesalahan itu sendiri pertama kali ditemukan oleh stasiun radio Triple M. Tipo memalukan itu lalu diunggah ke Instagram dan segera menyebar viral di internet.

Menanggapi kesalahan itu, bank sentral Australia selaku pihak yang bertanggung jawab atas pencetakan uang, mengatakan akan memperbaiki kesalahan tersebut saat lembaran uang 50 dolar itu dicetak lagi akhir tahun ini. (Bloomberg/AP]

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini