Khofifah: Tol Pandaan - Malang Bisa Tingkatkan 7,2 Juta Wisatawan ke Batu

Khofifah berharap Tol Pandaan-Malang seksi IV dan V yang masih dalam tahap konstruksi segera rampung.

Suara.Com
Dwi Bowo Raharjo | Ummi Hadyah Saleh
Khofifah: Tol Pandaan - Malang Bisa Tingkatkan 7,2 Juta Wisatawan ke Batu
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di acara peresmian Tol Pandaan - Malang. (Suara.com/Umay Saleh)

Suara.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan dioperasikannya Tol Pandaan - Malang dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi percepatan mobilitas masyarakat, barang, dan jasa. Tol tersebut baru saja diresmikan oleh Presiden Jokowi.

"Mudah-mudahan manfaat yang besar ini bisa memberikan rasa syukur dan nikmat bagi seluruh warga Jawa Timur bahwa berbagai kemudahan-kemudahan dan aksesibilitas bisa ditingkatkan," ujar Khofifah saat menghadiri peresmian Tol Pandaan - Malang, Malang, Jawa Timur, Senin (13/5/2019).

Khofifah berharap Tol Pandaan-Malang seksi IV dan V yang masih dalam tahap konstruksi segera rampung.

Mantan Menteri Sosial itu menuturkan, jika tol sudah terkoneksi dengan Bandara Internasional akan meningkatkan jumlah wisatawan mencapai 7,2 juta jiwa di Batu, Malang.

"Kalau sudah sampai pada ruas IV dan V, kita bisa dapatkan 7,2 Juta wisatawan ke Batu, kalau nanti sudah bisa disupport oleh internasional airport," kata dia

Selain itu, Khofifah berharap Tol Pandaan Malang dapat menggerakan perkembangan ekonomi di segitiga wilayah Malang, yakni Wilayah Kabupaten Malang, Kota Malang, serta Batu

"Kita berharap segitiga wilayah ini akan menjadi Malang raya yang menjadi sentra pertumbuhan ekonomi yang luar biasa," ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Khofifah juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat atas diresmikannya Tol Pandaan -Malang seksi I, II, dan III.

"Kami sampaikan terima kasih kepada pak Presiden, selamat datang kembali untuk memberikan penguatan seluruh proses pembangunan di Jawa Timur," tandasnya.

Untuk diketahui, Tol Pandaan - Malang yang baru diresmikan Jokowi hari ini yakni seksi I, II dan III atau sepanjang 31 kilometer dari 38 kilometer total panjang Tol Pandaan - Malang.

Adapun seksi I Pandaan-Purwodadi memiliki panjang 15,47 km, seksi II Purwosari-Lawang 8,05 km, dan seksi III Lawang-Karanglo 7,10 km.

Sementara, untuk seksi IV-V dari Singosari-Malang sepanjang 7,48 KM masih dalam tahap konstruksi.

Diketahui, pembangunan Tol Pandaan-Malang dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) yang sahamnya dimiliki PT Jasa Marga sebesar 60 persen, PT Pembangunan Perumahan (Persero) sebesar 35 persen dan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) sebesar 5 persen. Biaya investasi sebesar Rp 5,9 triliun.

Dalam acara tersebut hadir pula Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini