Indonesia Ditarget Masuk 10 Besar Produsen Produk Halal Dunia Tahun 2024

"Dengan adanya masterplan ini kami berharap Indonesia bisa masuk menjadi pemain utama, produsen industri halal global di 2024," kata dia

Suara.Com
Reza Gunadha | Achmad Fauzi
Indonesia Ditarget Masuk 10 Besar Produsen Produk Halal Dunia Tahun 2024
Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. [Suara.com/Stephanus Aranditio]

Suara.com - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengeluarkan Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia (MEKSI) 2019-2024. Dalam masterplan, Indonesia akan menjadi negara 10 besar produsen halal di dunia.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, Indonesia sementara ini hanya menjadi konsumen produk halal nomor satu di dunia. Karenanya, dengan adanya masterplan ini bisa mengubah dari konsumen menjadi produsen.

"Dengan adanya masterplan ini kami berharap Indonesia bisa masuk menjadi pemain utama, produsen industri halal global di 2024," kata dia di Kantor Bappenas, di Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019).

Terdapat empat strategi untuk menuju hal tersebut. Pertama, penguatan halal value chain dengan fokus pada sektor yang dinilai potensial dan berdaya saing tinggi.

Kedua, penguatan sektor keuangan syariah dengan rencana induk yang sudah dituangkan dalam Masterplan Arsitektur Keuangan Syariah Indonesia sebelumnya dan disempurnakan ke dalam rencana induk ini.

Ketiga, penguatan sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai penggerak utama halal value chain.

Keempat, penguatan di bidang ekonomi digital, utamanya perdagangan dan keuangan sehingga dapat mendorong dan mengakselerasi pencapaian strategi lainnya.

Menurut Bambang, dengan mengubah konsumen menjadi produsen, maka berimbas pada ekspor yang bakal mengalami kenaikan dan menurunkan defisit transaksi berjalan.

"Konsumsi tadi kebanyakan masih dikonsumsi dari luar negeri, maka dari itu butuh penguatan segala sisi, baik dari supply chain dan sebagainya," ucap dia.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini