Cek Harga Tiket Pesawat Jakarta-Bangka dan Jakarta-Singapura, Hampir Sama!

Semestinya harga tiket pesawat mulai disesuaikan kembali oleh maskapai maupun online travel agent.

Suara.Com
Iwan Supriyatna
Cek Harga Tiket Pesawat Jakarta-Bangka dan Jakarta-Singapura, Hampir Sama!
Ilustrasi aplikasi online travel [shutterstock]

Suara.com - Pemerintah resmi menurunkan Tarif Batas Atas (TBA) tiket pesawat sebesar 12 persen sampai 16 persen untuk penerbangan dalam negeri.

Keputusan penurunan TBA berlaku efektif sejak ditandatanganinya Peraturan Menteri Perhubungan per tanggal 15 Mei 2019.

Jika merujuk pada peraturan tersebut, semestinya harga tiket pesawat mulai disesuaikan kembali oleh maskapai maupun online travel agent.

Suara.com kemudian mencoba menjajal pencarian harga tiket pesawat melalui online travel agent seperti Tiket.com dengan penerbangan di tanggal yang sama yakni 31 Mei.

Hasilnya cukup mengejutkan, untuk rute favorit seperti destinasi wisata Bangka Belitung, harga tiket dibanderol sebesar Rp 1.374.700 per orang untuk sekali jalan menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

Harga tersebut hanya berbeda sedikit saja dengan rute Jakarta - Singapura jika menggunakan maskapai Scoot. Harga tiket yang dibanderol ke Singapura sebesar Rp 1.613.000.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mencatat, kenaikan tarif tiket pesawat untuk penerbangan dalam negeri terjadi sejak akhir Desember 2018, dan tarif ini tidak kunjung turun setelah 10 Januari 2019.

Dampak dari kenaikan tiket pesawat dirasakan langsung oleh masyarakat, terutama saat menjelang Lebaran.

"Harus ada payung hukum pengaturannya. Menhub akan mengubah putusan soal tarif batas atas pesawat yang lama, jadi mudah-mudahan bisa selesai dalam dua hari ke depan,” kata Menko Darmin belum lama ini.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini