Menhub Budi Karya Ingin Sulap Terminal Bus Jadi seperti Bandara

Untuk perombakan terminal tersebut, Budi juga telah menyiapkan dana antara Rp 500 miliar hingga Rp 600 miliar.

Suara.Com
Reza Gunadha | Achmad Fauzi
Menhub Budi Karya Ingin Sulap Terminal Bus Jadi seperti Bandara
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Suara.com/Achmad Fauzi)

Suara.com - Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi bakal menyulap layanan di terminal-terminal bus seperti layanan di bandar udara. Terutama terminal-terminal bus tipe A yang kini dikelola kementeriannya.

Menurut Budi Karya, terminal bus kekinian banyak yang kurang terawat. Bahkan, saking kurang terawatnya,  sarang laba-laba pun menghiasi terminal.

"Kami akan memperbaiki terminal-terminal Tipe A yang ada di seluruh Indonesia. Saya sedih kalau terminal-terminal ada sarang laba-laba. Sedih benar," kata Budi saat buka bersama dengan pengusaha  otobus di Kantor Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (17/5/2019).

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) ini menuturkan, nantinya layanan terminal bus minimal mempunyai tempat tunggu penumpang.

"Minimal dia itu punya lounge, WC, tempat tempat tunggu yang bagus. Karena banyak sekali di kota-kota besar seperti Jogja belum bagus, Semarang belum bagus, Surabaya belum maksimal, Tegal, Pekalongan, itu perlu direnovasi, semua perlu direnovasi," tutur dia.

Untuk perombakan terminal tersebut, Budi juga telah menyiapkan dana antara Rp 500 miliar hingga Rp 600 miliar. Perombakan satu terminal, akan memakan biaya sekitar Rp 10 miliar.

"Kami harapkan dapat satu anggaran yang besar, katakan seperti Rp 500 miliar," ucap dia.

Sementara Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menambahkan, perombakan terminal bus tersebut akan dimulai pada tahun depan.

"Ini perintah Menhub. Jadi harus dikerjakan tahun depan.”

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini