Facebook Diminta Hentikan Pengembangan Mata Uang Digital Cryptocurrency

Rencana pengembangan mata uang digital atau Cryptocurrency oleh Facebook sepertinya mendapat tekanan di berbagai negara.

Suara.Com
Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Facebook Diminta Hentikan Pengembangan Mata Uang Digital Cryptocurrency
Ilustrasi cara bertransaksi menggunakan Libra, mata uang digital Facebook. [Facebook Newsroom]

Suara.com - Rencana pengembangan mata uang digital atau Cryptocurrency oleh Facebook sepertinya mendapat tekanan di berbagai negara. Pasalnya, seorang anggota parlemen AS terkemuka pada hari Selasa meminta Facebook untuk menghentikan pengembangan cryptocurrency baru.

Komite Jasa Keuangan House, Maxine Waters, mengatakan Facebook harus menghentikan pengembangan produk yang dijuluki Libra, sampai Kongres dan regulator dapat meninjau masalah ini.

"Facebook memiliki data miliaran orang dan telah berulang kali menunjukkan pengabaian terhadap perlindungan dan penggunaan data ini," katanya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters, Rabu (19/6/2019).

"Dengan pengumuman bahwa mereka berencana untuk membuat cryptocurrency, Facebook melanjutkan ekspansi yang tidak terkendali dan memperluas jangkauannya ke dalam kehidupan para penggunanya."

Pengumuman Facebook disambut dengan reaksi langsung dari anggota parlemen dan regulator AS di seluruh dunia, yang khawatir bahwa Facebook sudah terlalu masif dan ceroboh dengan privasi pengguna.

Senator AS Mark Warner menyatakan keprihatinannya bahwa melalui Libra Facebook bisa mendominasi di seluruh dunia.

Sementara, Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire menyerukan lebih banyak regulasi perusahaan teknologi.

"Instrumen untuk transaksi ini akan memungkinkan Facebook untuk mengumpulkan jutaan data, yang memperkuat keyakinan saya bahwa ada kebutuhan untuk mengatur raksasa digital," katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini