Bakal Ada Kesepakatan, Perang Dagang AS-China Sebentar Lagi Berakhir

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan kesepakatan perdagangan antara Amerika Serikat dan China sekitar 90 persen selesai.

Suara.Com
Pebriansyah Ariefana | Achmad Fauzi
Bakal Ada Kesepakatan, Perang Dagang AS-China Sebentar Lagi Berakhir
Donald Trump punya alasan khusus kenapa menggunakan dasi kepanjangan dan lebar. (Evan El-Amin / Shutterstock.com)

Suara.com - Perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dengan China tampak bakal terselesaikan. Pasalnya pejabat AS mengungkapkan bahwa akan ada kesepatakan antara kedua negara tersebut.

Seperti dilansir Reuters, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan kesepakatan perdagangan antara Amerika Serikat dan China sekitar 90 persen selesai.

"Kami sekitar 90 persen dari perjalanan ke sana (dengan kesepakatan) dan saya pikir ada jalan untuk menyelesaikan ini," kata Mnuchin dalam sebuah wawancara dengan saluran berita.

Presiden AS Donald Trump dan mitranya dari Tiongkok Xi Jinping akan bertemu minggu ini di KTT G20 di Jepang dengan harapan untuk menenangkan perang dagang 11 bulan mereka.

Secara terpisah, dalam komentar tentang sanksi AS terbaru terhadap Iran, Mnuchin mengatakan ia yakin sanksi itu bekerja.

Sebelumnya, ekonom dunia menilai jika tak ada kesepakatan bakal mengancam ekonomi dunia. Bahkan bisa terjadi resesi atau kemunduraan pada ekonomi global.

"Jika perang perdagangan meningkat, kami memperkirakan pertumbuhan global akan menjadi 75 (basis poin) ebih rendah selama enam kuartal berikutnya dan bahwa konturnya akan menyerupai 'resesi global' yang ringan - sama besarnya dengan krisis zona euro, keruntuhan minyak di pertengahan 1980-an dan krisis 'Tequila' pada 1990-an," tulis kepala riset ekonomi global UBS Arend Kapteyn dalam sebuah catatan seperti dikutip dari CNBC.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini