Nike Tarik Produknya di China, Kenapa?

Nike tidak menanggapi ketika diminta untuk memberikan perincian lebih lanjut.

Suara.Com
Pebriansyah Ariefana | Achmad Fauzi
Nike Tarik Produknya di China, Kenapa?
Nike manekin ukuran plus. (Instagram/@bodyimagemovement)

Suara.com - Perusahaan peralatan olahraga Nike menarik beberapa produknya di China. Hal ini setelah beberapa desainer ikut menyuarakan terkait unjuk rasa di Hong Kong, sehingga memicu kisruh di media sosial.

"Kami telah menarik dari Cina sejumlah kecil produk yang dirancang oleh seorang kolaborator," kata seorang juru bicara Nike Serperti dikutip dari CNNMoney, Jumat (28/6/2019).

Namun, Nike tidak menanggapi ketika diminta untuk memberikan perincian lebih lanjut.

The Financial Times melaporkan pada hari Rabu bahwa Nike telah menarik sepatu yang dibuat dalam kemitraan dengan label streetwear Jepang Undercover, yang dipimpin oleh desainer Jun Takahashi.

Peritel Cina YY.com mengatakan dalam sebuah pernyataan di akun media sosial resminya bahwa mereka tidak akan menyediakan sepatu Undercover x Nike.

Beberapa pengguna media sosial di China daratan menyatakan kemarahannya. Di Weibo, versi Twitter China, beberapa bersumpah untuk membuang sepatu Nike mereka. Seorang pengguna memposting foto sepatu di tempat sampah.

China adalah salah satu pasar terbesar dan pertumbuhan tercepat Nike. Ini juga merupakan pusat manufaktur utama, dengan sekitar seperempat alas kaki dan pakaian Nike dibuat di sana pada tahun 2018.

Ini bukan pertama kalinya pengecer asing mengalami masalah di China.

Tahun lalu, peritel AS, Gap, menarik produk dari pasar setelah pelanggan mengeluh. Selain itu, Muji Jepang kemudian didenda oleh otoritas Shanghai setelah diketahui bahwa perusahaan tersebut telah mengimpor sejumlah gantungan baju yang dibungkus dengan kemasan yang menggambarkan Taiwan sebagai sebuah negara.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini