Perundingan Trump-Xi Jinping Lancar, Perang Dagang AS-China Berakhir?

Trump sepakat tak memberlakukan tarif baru kepada produk impor China, begitu juga sebaliknya Xi Jinping setuju membeli produk pertanian AS

Suara.Com
Bangun Santoso | Achmad Fauzi
Perundingan Trump-Xi Jinping Lancar, Perang Dagang AS-China Berakhir?
Donald Trump bertemu Xi Jinping saat KTT G20 di Osaka Jepang. (AFP)

Suara.com - Perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dengan China nampaknya bakal benar-benar berakhir. Pasalnya, perundingan antara kedua Kepala Negara yaitu Presiden Donald Trump dan Presiden Xi Jinping dilaporkan berjalan dengan baik.

Seperti dilansir Reuters, dalam perundingan tersebut Trump sepakat tak memberlakukan tarif baru kepada produk impor dari China. Selain itu, dia memperbolehkan perusahaan AS untuk menggunakan perangkat telekomunikasi asal China yaitu Huawei.

Dari sisi China, Xi Jinping, setuju untuk melakukan pembelian produk pertanian AS yang tidak ditentukan.

"Kami segera kembali ke jalurnya," kata Trump kepada wartawan setelah pertemuan 80 menit dengan Presiden Cina Xi Jinping di pertemuan puncak para pemimpin ekonomi utama Kelompok 20 (G20) di Osaka, Jepang.

"Kami menahan tarif dan mereka akan membeli produk pertanian," kata Trump, tanpa memberikan rincian tentang pembelian.

Dalam Twitternya, Trump juga membeberkan jalannya perundingan yang dinilai jauh lebih baik dari yang diharapkan semua pihak.

Dia pun menyatakan, AS tak terburu-buru untuk mencapai kesepakatan dengan China.

"Kualitas transaksi jauh lebih penting bagi saya daripada kecepatan," tweetnya. "Aku tidak terburu-buru, tetapi segalanya terlihat sangat bagus!"

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini