Bos IMF Bakal Duduki Kursi Gubernur Bank Sentral Eropa

Christine Lagarde sebentar lagi bakal menduduki kursi Presiden Bank Sentral Eropa.

Suara.Com
Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Bos IMF Bakal Duduki Kursi Gubernur Bank Sentral Eropa
Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde memberikan keterangan pers terkait Pertemuan Tahunan IMF - World Bank Group 2018 di Bali International Convention Center, Kawasan Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10). [ANTARA FOTO]

Suara.com - Christine Lagarde sebentar lagi bakal menduduki kursi Presiden Bank Sentral Eropa. Seperti dilansir CNNMoney, Dewan Eropa mengumumkan bahwa petinggi IMF itu telah dipilih untuk menggantikan Mario Draghi, yang masa jabatannya berakhir pada Oktober tahun ini.

Lagarde akan menjadi satu dari sedikit wanita yang memimpin bank sentral. Dia akan membawa keterampilan politik yang cerdas ke ECB.

Presiden Dewan Eropa, Donald Tusk mengatakan Lagarde akan menjadi presiden ECB yang hebat dan sempurna.

Menyusul pengumuman itu, Lagarde, yang berkebangsaan Prancis mengatakan, bahwa dia sementara akan melepaskan tugasnya sebagai direktur pelaksana IMF selama periode pencalonan.

Lagarde bukan lah orang yang asing untuk wilayah Eropa. Seorang pengacara menyebut Lagarde sebelumnya menjabat sebagai menteri keuangan Prancis. Lagarde juga terkenal di kalangan pegiat keuangan dan sering menjadi komentator dalam masalah ekonomi global.

Lagarde akan diwarisi keadaan yang sulit. Pertumbuhan ekonomi global yang tengah melemah yang sebelumnya pernah diprediksi olehnya.

"Ekonomi global telah mencapai titik yang sulit, investasi telah melemah dan perdagangan telah melambat secara signifikan, dengan tingkat pertumbuhan ekspor dan impor pada tingkat terendah sejak krisis keuangan yang hebat," katanya akhir pekan lalu di G20.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini